Date:

Share:

Ulangan Umum Tiba, Ujian Pertengahan Tahun Makin Dekat

Related Articles

Ulangan Umum Pertengahan Tahun

GONTOR–Ulangan Umum Pertengahan Tahun 1433-1434 atau yang kini dikenal dengan istilah “Al-Ikhtibaar Al-‘Aam li Nishfi As-Sanah” telah tiba. Segenap guru dan siswa KMI Pondok Modern Darussalam Gontor dari Kelas 1–6 memusatkan diri sepenuhnya untuk memperoleh hasil semaksimal mungkin. Kegiatan ini bertujuan mengukur tingkat kesiapan para siswa dalam menghadapi Ujian Pertengahan Tahun yang akan datang sebulan kemudian. Sehingga, dengan mengetahui hasil ulangan ini, setiap guru diharapkan segera melakukan evaluasi tindak lanjut untuk menambal segala kekurangan siswa agar benar-benar siap jika waktu ujian telah berada di ambang pintu.

Kegiatan pra-ujian ini berlangsung selama lima hari, dimulai pada Sabtu (24/11) ini hingga Rabu (28/11) mendatang. Setiap hari para siswa dihadapkan pada tiga materi ujian yang diselingi dua kali waktu istirahat. Sementara itu, setiap materi yang diujikan diberi alokasi waktu selama satu jam penuh untuk diselesaikan para siswa.

Suasana Ulangan Umum

Dalam suatu kesempatan, K.H. Syamsul Hadi Abdan, Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor, pernah menuturkan bahwa sebelum adanya program ini, pra-ujian diadakan atas dasar inisiatif guru-guru yang telah menyelesaikan materi pelajarannya di kelas masing-masing. Intinya adalah untuk mengulangi pelajaran yang telah diajarkan sebelumnya sekaligus mengetahui sejauh mana pemahaman siswa terhadap penjelasan guru di dalam kelas. Namun, seiring dengan perkembangan pondok dan bertambahnya jumlah siswa yang kini sudah mencapai empat ribuan lebih, diadakanlah Ulangan Umum serempak dalam bentuk yang lebih sistematis dengan panitia khusus yang ditentukan Pimpinan Pondok bersama Direktur KMI. shah wa

Popular Articles