Date:

Share:

Santri Gontor Ikuti Ulangan Umum Tengah Semester Genap Tahun 1441/2020

Related Articles

GONTOR – Seluruh santri Pondok Modern Darussalam Gontor, baik di kampus putra maupun putri, kembali menghadapi Ulangan Umum Tengah Semester Genap tahun 1441/2020. Ulangan Umum atau biasa disebut al Muroja’ah al ‘Ammah ini diselenggarakan selama 5 hari dimulai dari Sabtu (11/1) sampai Rabu (15/1). Ulangan Umum ini diperuntukkan bagi santri kelas 1 sampai 5 Kulliyatul Mua’allimin Al-Islamiyyah (KMI). Adapun untuk santri kelas 6 KMI mengikuti acara ta’hil (penambahan materi) yang diselenggarakan di Gedung Yaqdzoh guna menghadapi ujian siswa akhir.

Tampak keseriusan santri dalam mengerjakan soal ulangan umum
Tampak keseriusan santri dalam mengerjakan soal ulangan umum

Tak hanya santri yang sibuk dalam ujian ini, para bapak guru KMI pun sama sibuknya, yaitu dengan melaksanakan kewajiban mereka sebagai seorang pengawas ujian santri. Tak hanya menjadi pengawas, guru-guru KMI yang berjumlah 2 orang (satu orang Wali Kelas dan satu orang lagi non Wali Kelas) tiap kelas ini berkewajiban untuk mengoreksi hasil ujian santri setelah mereka menyelesaikan ujian yang nantinya dikumpulkan di Kantor Panitia Ujian. Sehingga para santri bisa mengetahui hasil ujian mereka pada siang hari, dan dijadikannya kaca perbandingan untuk meningkatkan kualitas belajar mereka esok hari.

Dua orang bapak guru sedang mengoreksi jawaban santri usai pengerjaan ulangan umum
Dua orang bapak guru sedang mengoreksi jawaban santri usai pengerjaan ulangan umum

Tidak semua santri mengikuti ujian di ruang kelas. Ada beberapa santri yang terpaksa mengikuti ujian di Bagian Kesehatan bahkan rumah sakit dikarenakan sakit. Ada pula yang mengikuti ujian di beberapa zona rayon karena mendapat tugas piket rayon.

Tak hanya santri, beberapa bapak guru juga diberi tugas untuk menjaga sektor – sektor penting Pondok seperti bagian usaha pondok dan lainnya. Hal tersebut guna menjaga stabilitas pondok dan sebagai salah satu proses pendidikan yang penting di Pondok Modern Darussalam Gontor. Akmal

Popular Articles