Date:

Share:

Ulangan Umum Semester Kedua: Ujian Untuk Belajar Bukan Belajar Untuk Ujian

Related Articles

DARUSSALAM-Ujian untuk belajar, bukan belajar untuk ujian. Itulah salah satu kalimah tayyibah yang sering kali disampaikan oleh bapak Pimpinan kepada seluruh santri Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) menjelang masa-masa ujian. Tepat pada hari Sabtu (19/1) PMDG mengadakan acara Ulangan Umum untuk seluruh santri dari kelas 1 s.d. kelas 5 KMI. Acara ini berjalan selama 5 hari, terhitung dari hari Sabtu-Rabu (19-23/1). Diadakannya acara ini agar semua santri mempunyai bekal serta persiapan untuk menghadapi ujian Semester Kedua. Meski sebatas ulangan umum, akan tetapi semangat mereka dalam belajar tidak pernah pudar guna mencapai hasil yang maksimal. Karena gontor sudah menanamkan nilai-nilai keilmuwan kepada santrinya, khusunya dalam masalah belajar.

Acara ini dilaksanakan dibeberapa gedung yaitu; Gedung Rabithah, Sudan, Saudi, Yaqzoh dan al-Azhar. Serta ada beberapa pengawas dari guru wali kelas serta guru non wali kelas yang pada saat itu juga bertugas mengoreksi jawaban para santri serta menuliskannya di papan nilai Ulangan Umum yang telah disediakan oleh Panitia. Sebuah kesyukuran yang luar biasa, Karena sistem danv rule dalam ulangan umum ini sudah di-manage sejak puluhan tahun yang silam. sehingga membawa dampak positif terhadap peningkatan belajar santri hingga saat ini.

Semoga kedepanya nilai-nilai dalam ulangan umum ini tetap terjaga sampai generasi selanjutnya. Karena estafet nilai dan kaderisasi merupakan panja jangka yang sudah dirumuskan oleh para pendahulu. *aff

Popular Articles