Date:

Share:

Ujian Tulis Awal Tahun : “Bil Imtihaani Yukromul Mar’u au Yuhaanu”

Related Articles

GONTOR – “Bil imtihaani yukromul mar’u au yuhanu”, begitulah bunyi semboyan yang selalu didengarkan oleh para santri dan guru se-Darussalam. Penggalan kalimat dalam bahasa Arab yang kurang lebih memiliki arti “Dengan ujian seseorang akan dimuliakan atau dihinakan”. Maka tidak salah jika semboyan ini menjadi salah satu rumus kehidupan dalam proses belajar mengajar di seluruh kampus Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG).

Kurang lebih sekitar empat hari yang lalu, tepat pada hari Sabtu (25/11) telah selesai seluruh rentetan dalam kegiatan ujian tulis awal tahun ajaran 2017/2018. Ujian tulis yang dilaksanakan kurang lebih selama sepuluh hari ini merupakan proses ujian tahap kedua setelah diadakannya ujian lisan yang juga memakan waktu sebanyak yang disebutkan sebelumnya.

Ujian tulis juga merupakan hal penting yang patut dilaksanakan oleh seluruh warga PMDG di setiap semesternya. Mengapa demikian ? Karena fungsi dan guna dari kegiatan tersebut salah satunya adalah sebagai wujud ataupun bentuk evaluasi dalam hal belajar mengajar dalam satu semester, serta meningkatkan kualitas belajar santri di semester berikutnya. Seluruh santri  diajarkan untuk jangan hanya sekedar ujian, jangan hanya sekedar menjawab soal, jangan hanya sekedar hidup, jangan pula menjadi manusia yang sekedarnya, tapi harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh.

Perlu diketahui, bahwa pada ujian tulis awal tahun di PMDG kampus pusat kali ini telah diikuti oleh sebanyak santri dari kelas 1-5 yang berjumlah 3344, siswa kelas 6 yang berjumlah 762, melibatkan guru pengawas yang berjumlah 278 asatidz, dan menggunakan ruangan kelas yang berjumlah 109 ruangan yang bertempat di seluruh gedung di PMDG kampus pusat, diantaranya adalah gedung Rabithah, Sudan 1 dan 2, Saudi 6 lantai 3, Satelit, Yaqdzoh, dan yang terakhir bertempat di Aula Pertemuan.

Semoga ujian tulis awal tahun kali ini menjadi awal yang baik untuk setiap santri dalam meniti langkah menghadapi pertempuran sengit di medan-medan ujian yang akan datang. Dan semoga segala usaha dan do’a dapat dikeluarkan serta dipanjatkan secara maksimal dan penuh keikhlasan, dan memberikan hasil yang memuaskan. Amiin. biibmufassir

Popular Articles