Date:

Share:

Ujian Siswa Akhir KMI 2013: “We Have Done It”

Related Articles

Tasyakuran atas selesainya Ujian Siswa Akhir KMI di BPPM, Kamis (30/5/2013) siang.
Tasyakuran atas selesainya Ujian Siswa Akhir KMI di BPPM, Kamis (30/5/2013) siang.

GONTOR – Allahu akbar! Allahu Akbar! Allahu Akbar! Pekikan K.H. Masyhudi Subari, MA, Direktur Kulliyyatu-l-Mu’alliminal Islamiyyah (KMI) sontak diikuti oleh 689 orang siswa akhir KMI 2013. Pekikan takbir ini merupakan luapan rasa kesyukuran yang amat luar biasa, usai melewati masa ujian siswa akhir yang –kurang lebih- berlangsung selama 2 bulan.

Bagaimana tidak, ujian tulis siswa akhir KMI ini merupakan puncak dari rentetan ujian yang dihadapi siswa akhir KMI, semenjak dimulainya kegiatan Tarbiyah Amaliyah 2 bulan lalu, dan kini, itu semua telah usai. Maka tidak berlebihan rasanya apabila pekikan takbir para siswa kelas 6 ini begitu keras sehingga memenuhi seisi Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM) Darussalam Gontor.

Usai ujian mahfudzat pada jam pertama, seluruh siswa akhir KMI segera diarahkan menuju ke Masjid Jami’ guna melaksanakan sujud syukur bersama. Usai sujud syukur, rentetan “resepsi kesyukuran” ini dilanjutkan dengan perkumpulan di BPPM, guna mendengarkan nasehat dari Pimpinan PMDG, K.H. Syamsul Hadi Abdan dan Direktur KMI, K.H. Masyhudi Subari, MA.

Pada lahiriyahnya, ujian telah usai, namun pada hakekatnya, seluruh siswa akhir KMI saat ini menuju fase ujian selanjutnya. Bukan ujian akademik, namun sesuatu yang lebih berat dari itu. Yakni ujian kesabaran, loyalitas, etos kerja atau singkatnya ‘ujian mental’. Karena ke depannya, seluruh siswa akhir KMI akan turut berperan serta dalam kepanitian ujian akhir tahun siswa KMI kelas 1 hingga kelas 5. Mereka akan diuji dengan diberikan amanah sebagai penguji, pengawas ujian, ataupun menjaga di pos-pos kelas 6 dan pos-pos unit usaha guru. Dalam hal ini, nampaknya kita diingatkan kembali pada sabda Rasulullah SAW sekembalinya dari Perang Badar, “Roja’na minal jihadil asghar, ilal jihadil akbar,” “Kita kembali dari jihad yang kecil, untuk menuju jihad yang lebih besar.” Yang di mana maksud Rasulullah SAW di sini adalah jihad menahan nafsu.Binhadjid

 

 

2 COMMENTS

  1. Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatu.
    para pemimpin gontor ,saya sangat mengharapkan ada cabang dari salah satu pondok gontor dijawabarat , maka dari itu saya merasa kesusahan untuk mencari info tentang gontor ,terus apakah masih diperbolehkan seorang capel dari lulusan SLTA mendaftar ke gontor ,terimakassih .
    Rachmat dari Bogor Jabar.

    • wa'alaikumsalam,
      lulusan SLTA diperbolehkan masuk Gontor, bisa mengikuti program Intensif 4 tahun

Comments are closed.

Popular Articles