Date:

Share:

Ujian Pelajaran Sore Pacu Semangat Belajar Santri

Related Articles

Suasana Ruang Ujian
Suasana Ruang Ujian

DARUSSALAM–Bi-l-limtihaani yukramu-l-mar’u au yuhaanu, baik atau tidaknya kapasitas seseorang dapat ditentukan dengan ujian. Setelah kurang lebih tiga bulan, siswa KMI dari kelas 1-5 Pondok Modern Darussalam Gontor mendalami pelajaran tambahan pada materi Bahasa Arab, Bahasa Inggris dan Al-Qur’an. Maka tibalah mereka untuk diuji, untuk mendapatkan gambaran, seberapa jauh kapasitas ilmu yang telah mereka serap.

Ujian pelajaran sore dilaksanakan selama satu minggu. Dimulai pada Jum’at (29/11) hingga Rabu (4/12). Untuk materi Bahasa Arab dan Bahasa Inggris diujikan secara tahriri (tulis) di kelas-kelas yang telah ditentukan. Lain halnya dengan Al-Qur’an, materi ini diujikan secara syafahi (lisan). Tepatnya dilaksanakan pada hari Jum’at. Ujian Al-Qur’an secara syafahi dikhususkan bagi siswa KMI baru atau siswa KMI yang baru menjalankan tahun pertama mereka di Gontor dan siswa KMI kelas 5. Adapun ujian tulis, mulai dilaksanakan pada pukul 13.55 WIB sejak hari Sabtu hingga Rabu malam. Rentetan ujian ini melibatkan seluruh santri kelas enam dan beberapa asatidz, baik dalam mengawas ujian, menguji ujian lisan, membantu panitia ujian dan beberapa tugas pondok lainnya.

Dalam arahannya K.H. Hasan Abdullah Sahal berpesan, “Janganlah kalian hidup tanpa prestasi yang tidak bisa dibanggakan, meskipun bukan untuk dibanggakan. Jadilah manusia yang multi talenta, jadilah manusia yang bermanfaat. Bersainglah dengan wajar. Orang yang besaing dengan cara yang tidak wajar akan merugi dan merugikan, kecewa dan mengecewakan”.farouq

Popular Articles