Date:

Share:

Ujian Lisan Siswa Akhir KMI: Sekilas, Ujian di Gontor Tampak Mustahil

Related Articles

GONTOR–Betapa berat ujian yang dilaksanakan di Pondok Modern Darussalam Gontor. Bahkan saking beratnya, hingga tampak mustahil di mata orang yang belum tahu visi misi Gontor. Pasalnya, tepat seusai pelaksanaan Ujian Praktek Mengajar At-Tarbiyah al-‘Amaliyah, segenap siswa akhir KMI 2017 langsung dihadapkan dengan ujian lisan, Rabu–Selasa, 15–28 Maret 2017. Di mana, soal yang diujikan mencakup seluruh materi dari Kelas 1 hingga Kelas 6. Yaitu sebanyak 28 pelajaran, 81 buku, dengan 7 kali masuk ujian. Masya Allah, mencengangkan bukan? Apakah ini sesuatu yang mustahil? Tidak. Gontor telah mempersiapkan segalanya.

Melalui segenap pembimbing Survival Generation, Gontor selalu mengawal, mendampingi, dan mengawasi para siswa dalam belajar. Gontor mengetahui ukuran kemampuan para siswanya. Meski berat, namun para santri mampu menjalaninya dengan penuh ikhtiar dan kesabaran.

Bentuk pengawalan yang dimaksud di antaranya adalah keliling untuk mengontrol, mengadakan kantin darurat, membaca absen setiap malam, dan lain sebagainya. Hingga akhirnya, tiada hal yang pantas diharapkan kecuali ridho Allah SWT, melalui doa yang terus dilantunkan, agar ujian dapat dilewati dengan lancar.

Sebagai informasi, bentuk ujian lisan khusus siswa akhir di Gontor sangat unik. Berbeda dengan tingkatan kelas yang lain. Yaitu pada setiap sesi panggilan langsung diikuti oleh dua orang siswa. Mereka masuk ke dalam sebuah ruangan dan duduk di hadapan dua hingga tiga orang penguji. Setiap pertanyaan yang dilontarkan oleh penguji kepada salah satu siswa, akan dikonfirmasikan kepada siswa yang lain. Sehingga, kedua siswa tersebut akan saling berargumen dengan logika jawaban yang dibangunnya. b.Dasasta

Popular Articles