Date:

Share:

Ujian Lisan Kampus Putri 3, Proses Penanaman Nilai Bagi Santri dan Guru

Related Articles

KARANGBANYU–Pondok Modern Gontor merupakan lapangan pendidikan dan pengajaran yang mana di dalamnya terdapat beberapa kegiatan yang bertujuan untuk membentuk generasi yang berkualitas tinggi dengan berbagai ilmu pengetahuan yang tidak hanya mempunyai ilmu, namun juga mempunyai mental yang baik. Salah satu kegiatan yang bertujuan membentuk mental santriwati yaitu dengan melalui beberapa ujian. Salah satunya yaitu ujian lisan.

Tepat pada Kamis malam, 19 November 2015/7 Shafar 1437, diadakan pengarahan kepada guru dan juga santriwati kelas 6 sebelum menjadi penguji santriwati pada ujian syafahi. Pengarahan ini diikuti oleh seluruh guru yang berjumlah 249 guru dan santriwati kelas enam yang berjumlah 373. Pengarahan untuk para guru bertempat di Aula mini Gontor Putri Kampus 3, adapun pengarahan untuk kelas 6 bertempat di Aula Perkumpulan Gontor Putri Kampus 3. Pengarahan untuk para Guru diarahkan oleh Wakil Direktur KMI Gontor Putri Kampus 3, Al-Ustadz H. Muhammad Abdullah Bajuri, Lc, dan untuk kelas 6 diarahkan oleh  Bapak Wakil Pengasuh Gontor Putri Kampus 3, Al-Ustadz H. Saepul Anwar, S.Ag, dan dilanjutkan oleh Al-Ustadz Didik Haryono.S.Th.I. Pengarahan ini berlangsung dari pukul 20.00-22.10 WIB.

Pengarahan dan pembagian tugas ujian lisan kemudian dilanjutkan pada Sabtu pagi, 21 November 2015/9 Shafar 2015, yang diikuti oleh seluruh guru dan juga santriwati kelas 6, dan bertempat di Aula Perkumpulan Gontor Putri Kampus 3. Perkumpulan pagi itu di mulai dari pukul 07.00-11.25. Kemudian dilanjutkan dengan perkumpulan piket sektor yang diadakan di Aula Mini Gontor Putri Kampus 3 mulai pukul 11.30-12.20. Bapak Wakil Pengasuh sendiri yang memberikan arahan tentang ujian lisan dan juga pengarahan kepada piket sektor guru.

Pengarahan ini ditujukan untuk menanamkan pemahaman yang lebih mendalam kepada seluruh penguji bahwa segala kegiatan di pondok ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai, apa yang ditulis, dibicarakan, dikerjakan dan dirasakan merupakan unsur-unsur dari penanaman nilai pendidikan dan juga pengajaran di Gontor. Ujian di Gontor tidak hanya menguji santriwati itu sendiri, namun semua yang terlibat dalam pelaksanaan ujian ini juga ikut diuji. Dengan ini Gontor tidak hanya sedang mendidik, membentuk karakter dan melatih mental para santriwatinya saja, namun semua yang terlibat dalam hal ini juga ikut dalam hal pendidikan, pembentukan karakter, dan pelatihan mental. Sistem seperti inilah yang nilainya selalu ditanamkan gontor kepada seluruh santri, santriwati, bahkan guru. Agar semua terdidik dengan diadakannya kegiatan-kegiatan di pondok, dalam hal ujian khususnya. Sekrgp3

Popular Articles