Date:

Share:

Ujian Akhir Tahun KMI Telah Tiba

Related Articles

DARUSSALAM — Akhirnya, Ujian Akhir Tahun Kulliyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI) periode 1432/2011 tiba. Segenap siswa kelas 1 — 5 KMI berjibaku menghadapi ujian syafahi (lisan-red) yang dimulai pada hari Sabtu (25/6) ini. Seperti yang diberitakan sebelumnya, ujian syafahi akan berlangsung dari tanggal 25 Juni 2011 hingga 5 Juli 2011. Sedangkan ujian tahriri (tulis-red) dimulai pada tanggal 7 Juli 2011 dan berakhir pada tanggal 18 Juli 2011 mendatang.

Untuk ujian syafahi, materi yang diujikan terbagi ke dalam tiga materi pokok pelajaran, yaitu Bahasa Arab, Bahasa Inggris, dan Alquran . Materi Bahasa Arab mencakup pelajaran Muthala’ah, Insya, Mahfuzhat, Nahwu, Sharf, dan Balaghah. Di antara materi Bahasa Arab tersebut, pelajaran Nahwu dan Sharf dikhususkan untuk siswa kelas 2 — 5 KMI saja. Sedangkan pelajaran Balaghah hanya diujikan untuk siswa kelas 5.

Adapun untuk Bahasa Inggris, materi yang diujikan meliputi reading, conversation, translation, vocabulary, dictation, dan grammar. Khusus untuk pelajaran grammar, materi yang satu ini hanya diperuntukkan bagi siswa kelas 3 — 5 KMI. Sementara materi Alquran terdiri dari tilawah, hapalan Juz ‘Amma, Tajwid, Fiqh—ibadah ‘amaliyah dan ibadah qauliyah—hapalan do’a-do’a dan bacaan zikir.

Menurut data yang diterima dari Panitia Ujian Akhir Tahun, jumlah peserta ujian kali ini mencapai 3.403 siswa dari kelas 1 — 5 KMI. Sedangkan jumlah penguji ujian syafahi sebanyak 221 orang dari dewan guru dan dibantu 458 orang siswa kelas 6 KMI. Nantinya, hasil ujian syafahi ini akan digabungkan dengan hasil ujian tahriri untuk menentukan nilai akhir siswa. shah wa

 

Popular Articles