Date:

Share:

UIM Kembali Gelar Daurah dan Muqabalah di Gontor

Related Articles

GONTOR–Kegiatan Daurah dan Muqabalah oleh Universitas Islam Madinah (UIM) kembali digelar di Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) setelah pelaksanaannya pada tahun 2011 silam. Kegiatan yang berlangsung selama 18 hari ini bertempat di PMDG Kampus 2 Siman Ponorogo, dan dibimbing langsung oleh empat orang dosen UIM; Syeikh Abdullah An Nakhor, Syeikh Wail Bin Fawwaz , Syeikh Fahad Bin Isa Al Anzy, dan Syeikh Adil Bin Ali Al Sinany.

Adapun peserta kegiatan ini adalah guru baru Kulliyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyyah (KMI) PMDG angkatan 2015 sebanyak 251 orang, yang diambil dari PMDG Kampus Pusat dan Cabang dalam Jawa. Selanjutnya, peserta dibagi menjadi empat kelas yang bertempat di Gedung Riyadh PMDG Kampus 2.

Sebagaimana waktu normal belajar pada umumnya, pelaksanaan kegiatan ini sebanyak enam jam pelajaran, dimulai dari jam 07.00 s/d 12.00, yang meliputi: Tafsir, Muthala’ah, Hadist, Nahwu, dan Tarikh Islam. Selain itu, peserta juga mendapatkan bimbingan Tahsinu al-Qira’ah setiap malam usai Shalat Isya’.

Di sela-sela kegiatan Daurah ini, para Masyayikh Madinah juga mengadakan pelatihan Imamah dan Khatib yang berlangsung selama 5 hari, dengan diikuti oleh dua orang delegasi dari sepuluh Pondok Pesantren di Ponorogo.

Peserta Muqabalah yang telah terdaftar adalah sekitar 200 orang, yang terdiri dari Alumni dan Non Alumni PMDG, dengan waktu pelaksanaan pada setiap sore pukul 16.00 s/d 17.00.

Pada dasarnya, kegiatan ini memberikan kesempatan bagi pelajar Indonesia untuk melanjutkan studi di Kota Madinah. Sehingga tumbuh minat untuk memperdalam al Ulum al Islamiyyah. fuadfahmi

Popular Articles