Date:

Share:

Tiba di Surabaya, PKU VIII Gelar Workshop Perdana di Al-Hikmah

Related Articles

Workshop di STAIL Hidayatullah Surabaya
Workshop di STAIL Hidayatullah Surabaya

SURABAYA–Setelah melaksanakan workshop di Madura, PKU VIII melanjutkan kegiatan ilmiahnya di Kota Pahlawan. Setiba di Kota Surabaya, Senin (9/2) malam, rombongan langsung beristirahat di Asrama Haji sekaligus menginap di sana untuk seminggu ke depan. Pasalnya, jadwal padat telah menanti mereka selama berada di ibu kota Provinsi Jawa Timur itu.

Workshop perdana di kota ini digelar di Yayasan Al-Hikmah Surabaya, Selasa (10/2) pagi. Para peserta workshop diterima dengan baik oleh para pengurus Al-Hikmah. Setelah beramah-tamah, dua peserta PKU VIII dipersilakan mengisi workshop yang dihadiri para siswa SMA Al-Hikmah. Pembicara pertama, Abdul Wahid, membahas “Pluralisme dalam Pandangan Agama-agama di Indonesia”. Sedangkan Hasbi Arijal, pembicara kedua, menyampaikan pembahasan berjudul “Problem Konsep Monoteisme dalam Agama-agama Semit”.

Siang harinya, rombongan bertolak ke Sekolah Tinggi Agama Islam Lukman Al-Hakim (STAIL) Hidayatullah. Di hadapan para mahasiswa STAIL, empat peserta PKU VIII diminta memaparkan pembahasan mereka. Abid Ikhwan Alhadi membahas tentang “Tahrif Al-Qur’an dalam Literatur Ahlu Sunnah”. Yang lain, Ayub, menguraikan panjang lebar tentang “Problem Penyimpangan Orientasi Seksual”. Pembicara lainnya, M. Aqil Azizy, berbicara mengenai “Liberalisasi Kurikulum Pendidikan”. Terakhir, Saiful Anwar mengulas pembahasan berjudul “Problem Pendidikan Keluarga Berwawasan Gender (PKBG)”.

Pada saat yang sama, PKU VIII juga diminta mengisi workshop di SMA Al-Mujahidin Surabaya. Pembicaranya adalah Ahmad Rifa‘i. Ia membawakan pembahasan bertema pendidikan dengan judul “Pendidikan Karakter dan Pendidikan Akhlak.”

Rangkaian workshop di Surabaya akan berlanjut hingga beberapa hari ke depan. Setelah dari sini, para peserta PKU VIII akan beranjak menuju berbagai tempat di daerah Tapal Kuda dan Malang, mengemban tugas dakwah menegakkan kalimat Allah.*elk

Popular Articles