Date:

Share:

‘Tau’iyyah Diniyyah’, Motivasi Santri dalam Peningkatan Ubudiyah

Related Articles

Dr. Abdul Hafiz Zaid, M.A. menyampaikan tausiyah di depan seluruh Siswa Akhir KMI 2013, Jumat (17/5/2013).
Dr. Abdul Hafiz Zaid, M.A. menyampaikan tausiyah di depan seluruh Siswa Akhir KMI 2013, Jumat (17/5/2013).

GONTOR – Di samping jadwal aktivitas pondok yang begitu padat, Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) juga memfokuskan perhatiannya pada peningkatan ubudiyah, mental dan akhlak para santri. Salah satu upayanya dengan pelaksanaan kegiatan tau’iyyah diniyyah. Kegiatan ini ditujukan guna meningkatkan ubudiyah dan akhlak santri, motivasi peningkatan ‘volume’ ibadah hingga pendekatan asatidz pada santri, terutama pada kegiatan kepengasuhan (non-akademis).

Kegiatan ini dilaksanakan berselang antara satu Jumat dengan Jumat yang lain, sehingga terlaksana dua kali dalam sebulan. Guna memudahkan jalannya kegiatan ini, materi, waktu serta penempatan ustadz di seluruh rayon dikontrol oleh staf Dewan Mahasiswa.

Selain itu, seluruh guru KMI disetting untuk mendapatkan jatah menyampaikan tau’iyah. Dikarenakan jumlah guru yang begitu banyak, maka dibagi dalam beberapa gelombang. Tiap guru-guru dijadwalkan untuk mengisi satu kamar di Rayon santri, yang notabene berjumlah 20 hingga 30 santri.

Guna menyeragamkan materi yang disampaikan, maka Dewan Mahasiswa telah menentukan tema yang pada tiap kemisan disampaikan oleh Pimpinan PMDG. Beberapa tau’iyah terakhir, sempat membahas tentang cara berbicara di depan umum, bahaya Yahudi dan Zionisme hingga motivasi kepada anak-anak tentang ujian yang akan datang beberapa waktu lagi.binhadjid

 

 

Popular Articles