Date:

Share:

“Tahsin Qira’ah” Mantapkan Kemampuan Bacaan Al-Quran Santri

Related Articles

GONTOR–Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) dengan totalitas kehidupannya yang islami, tetap eksis mendidik para santrinya dengan seluruh aktivitas yang bernilaikan ibadah. Demi terciptanya santri yang berakhlak mulia serta berjiwa qurani, diselenggarakanlah kegiatan “Tahsin Qiraah” yang berjalan selama 6 hari. Pada kegiatan ini, Gontor mengundang kembali para alumni “Jam’iyyatu-l-Qurra” (JMQ) sebanyak 10 orang dari daerah yang berbeda. Hal ini dimaksudkan agar mereka dapat mengamalkan kembali ilmu yang telah didapat kepada para peserta.

Kegiatan tahunan ini dikuti oleh seluruh anggota JMQ, ditambah dengan sebagian santri kelas 5 dan 6 KMI perwakilan dari tiap-tiap asrama dan kelas. Agar kegiatan belajar mengajar berjalan efektif, maka kegiatan ini dilakukan di tempat yang berbeda; Masjid Jami’ untuk santri Kelas 5, Gedung Rabithah untuk santri Kelas 6, dan Aula Wisma Darussalam untuk anggota JMQ.

Suasana kegiatan "Tahsin Qira'ah" di salah satu kelas di Gedung Rabithah.
Suasana kegiatan “Tahsin Qira’ah” di salah satu kelas di Gedung Rabithah.

Materi yang diajarkan para tutor adalah materi dasar dalam membaca Al-Quran yaitu makharijul huruf dan Ilmu Tajwid. Diharapkan dengan diadakannya kegiatan ini, bacaan para santri dapat meningkat dan senantiasa menjadi lebih baik.

 

Jumat malam (7/10), kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Ustadz Kurnia Rahman Abadi, M.M., di Aula Rabithah, dan ditutup oleh K.H. Hasan Abdullah Sahal pada Rabu malam (12/10). Dalam pidatonya dihadapan para peserta, beliau menyampaikan, “Kita harus curiga kepada fashahah bacaan Al-Quran kita. Jangan sekali-kali menganggap bahwa bacaan kita sudah sempurna, apabila belum benar, baik, dan betul”. Beliau juga berpesan kepada para santri agar selalu memperhatikan makharijul huruf dalam membaca Al-Quran, karena jika salah dalam penggunaannya, maka maknanya akan berbeda. rosikh_dream

Popular Articles