Date:

Share:

Tahsin Qira’ah Kembali Tingkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur’an Santri

Related Articles

DARUSSALAM- Gontor kembali tingkatkan kualitas bacaan Al-qur’an santri. Hal itu dengan diadakannya acara Tahsin Qiroah yang rutin diadakan setiap tahun pada awal bulan Muharram. Dan pada tahun ini acara diadakan dari hari Jum’at (6/9) sampai hari Selasa (10/9).

Hari pertama dimulai dengan pembukaan yang dihadiri oleh Bapak Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor, K.H. Hasan Abdullah Sahal dan Wakil Direktur Kulliyyatul Mu’allimin Al-Islamiyah Al-Ustadz H. Farid Sulistyo, Lc. beserta beberapa tutor yang akan mengajari bacaan santri selama acara berjalan, yaitu Al-ustadz Muhammad Fikri, Lc., M.A., Al-Ustadz Andriana, Lc., M.Pd.I., Al-Ustadz Suhaili, M.Pd.I., dan beberapa tutor yang berasal dari guru KMI.

Tahsin Qiroah pada tahun ini diikuti oleh peserta dari santri kelas 5, kelas 6, dan beberapa anggota Jam’iyyatul Qurro wal Huffadz (JMQH). Untuk kelas 5 mereka berjumlah 42 santri yang diambil dari 2 orang ketua setiap rayon dan penanggung jawab peribadahan rayon, kemudian kelas 6 diambil dari 10 orang setiap kelas yang bacaan Al-qur’annya masih memerlukan peningkatan, dan sisanya dari anggota JMQH sebanyak 86 orang. Sehingga total semuanya adalah 235 orang.

Jumlah para tutor adalah 14 orang, terdiri dari 3 orang non guru KMI dan 11 orang lainnya guru KMI. Pengajaran diadakan di beberapa tempat, yaitu Masjid Jami’ untuk malam hari dan Sebagian kelas di gedung Rabithah untuk pagi hari.

Acara yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas bacaan al-qur’an santri, Alhamdulillah berjalan dengan lancar. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil akhir kualitas bacaan peserta yang mengalami peningkatan dibandingkan sebelumnya. Dan semoga dengan adanya acara ini, Gontor bisa mencetak alumni-alumni yang qur’ani dan bisa menjadi tauladan bagi masyarakat kelak nanti. Akmal

Popular Articles