Date:

Share:

Sujud Syukur 25 Tahun Gontor Putri

Related Articles

MANTINGAN–Gontor Putri kini genap berumur dua puluh lima tahun. Acara yang menjadi pembuka perayaan milad seperempat abad adalah sujud syukur di masjid jami’ Gontor Putri 1, Sabtu (30/5/2015).

Sambutan Ketua Panitia.
Sambutan Ketua Panitia.

Acara sujud syukur yang mengundang Badan Wakaf Gontor, pimpinan pondok, guru-guru, masyarakat dan pejuang pondok ini dimulai dengan tampilan video sejarah Gontor Putri sejak 1990 hingga 2015, yang disusul dengan beberapa sambutan, shalat Dzuhur dan sujud syukur.

Kyai Hasan, Pimpinan PMDG, mengatakan bahwa peringatan milad ini merupakan bentuk kesyukuran atas eksistensi Gontor Putri selama 25 tahun sejak 1990. Menurutnya, mendidik anak perempuan sangatlah penting dan berpahala tinggi. Pondok putri pun tidak akan inflasi dan kering.

Kesyukuran yang ada harus dilakukan dengan baik dan benar, terang Dr. H. Ahmad Hidayatullah Zarkasyi, M.A., Ketua Panitia sujud syukur. Seperti yang tertera pada surat Ibrahim ayat 7, tambahnya.

Hingga kini Gontor Putri yang tersebar di Indonesia (Ngawi, Kediri, Kendari, Poso dan Riau) masih berusaha merealisasikan terwujudnya Gontor Putri ideal. K.H. Kafrawi Ridwan, Ketua Badan Wakaf PMDG, menyatakan bahwa Gontor Putri harus dapat mendidik calon-calon pemimpin perempuan muslimah yang baik. Yang dapat melahirkan mar’ah sholihah serta bisa menjadi aktivis, pejuang dan partner pejuang.

Para santriwati sedang melihat galeri foto yang dipajang.
Para santriwati melihat galeri foto yang dipajang.

Acara berlangsung dengan khidmat. Terlebih dengan penuturan sejarah berdirinya Gontor Putri yang berdiri pertama kali di atas tanah wakaf daerah Mantingan, Ngawi pada tahun 1990. Wakif tanah, H. Anwar Shodiq, mewakafkan 200 hektar tanah miliknya pada tahun 1961. Sebelumnya tanah ini hendak dijadikan Fakultas Syari’ah Institut Pendidikan Darussalam (IPD-Universitas Darussalam Gontor sekarang), namun setelah beberapa musyawarah, diputuskanlah untuk mendirikan kampus Putri. Maka tak salah bila Kyai Kafrawi mengatakan bahwa pondok ini berdiri karena kehendak Tuhan. Sejarah pondok juga terpaparkan lewat galeri foto yang menampilkan bangunan serta acara-acara dari mulai berdirinya hingga saat ini.

Rentetan acara selanjutnya diundur bersamaan dengan peringatan 90 tahun Gontor pada 2016 mendatang. Beberapa acara yang sudah disiapkan seperti reuni akbar, seminar-seminar, sarasehan antar pondok putri, jambore dan raimuna santri nasional.dee

Popular Articles