Date:

Share:

Stimulus Siswa Akhir Kelas 6 Menjelang Fathu al-Kutub

Related Articles

Beberapa Guru Sedang Mengawasi Jalannya Kegiatan Fathu al-Kutub
Beberapa Guru Sedang Mengawasi Jalannya Kegiatan Fathu al-Kutub

GONTOR –Awal Nopember mendatang, siswa Kelas 6 KMI akan dihadapkan oleh acara besar, yakni Fathu al-Kutub. Terkait itu, KMI Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) memberikan stimulus kepada segenap siswa Kelas 6 KMI dengan menggelar acara Kasyful al-Mu‘jam. Berlangsung dari Senin–Rabu (20-22/10), dibimbing langsung oleh guru-guru senior, para wali kelas dan beberapa guru-guru muda.

Kasyfu al-Mu‘jam merupakan kegiatan eksplorasi makna atau arti yang tepat dari satu kosakata Arab dengan menggunakan kamus Munjid. Bertujuan untuk mengukur kemampuan Bahasa Arab Siswa Kelas 6 KMI. Pemahaman yang baik akan pelajaran Sharf akan sangat membantu setiap siswa dalam menemukan dan menentukan arti dari setiap kosakata bahasa Arab di dalam kamus. Karena, bisa jadi, satu kosakata Arab memiliki satu, dua arti, bahkan lebih, kembali pada konteks bahasanya secara harfiyah.

Para Asatidz Mengoreksi Jawaban Santri Kelas 6
Para Guru Sedang Mengoreksi Jawaban Siswa Kelas 6

Kasyfu al-Mu‘jam berlangsung 2 hari, pada Rabunya, acara ini diisi dengan latihan menemukan ayat Al-Qur’an beserta suratnya dengan menggunakan al-Mu’jam Al-Mufahras li Alfadzi al-Qur’an. Latihan ini bertujuan untuk memudahkan para siswa dalam mencari ayat-ayat tertentu di dalam al-Quran. Sehingga, ketika para siswa menemukan penggalan ayat di beberapa buku yang tidak mencantumkan nama suratnya, maka dengan mudah dan tidak membutuhkan waktu lama, para siswa mampu melengkapi ayat tersebut. Farouq

Popular Articles