Date:

Share:

Silaturahim ke Gontor, UAS Isi Tabligh Akbar dengan Tema “Santri Sebagai Generasi Khairu Ummah”

Related Articles

GONTOR – Ustadz kondang Abdul Somad, Lc. M.A. atau yang akrab dengan sapaan UAS bersilaturahim ke Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) pada hari Sabtu-Ahad (23-24/11/2019). Selain bersilaturahim ke PMDG yang terletak di Kecamatan Mlarak, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, UAS juga berkunjung ke PMDG Putri Kampus 1 di Kecamatan Mantingan, Kabupaten Ngawi dan Universitas Darussalam (Unida) Gontor di Siman, Ponorogo.

Ustadz Abdul Somad beserta rombongannya mendarat di bandara Adi Soemarmo, Solo pada pukul 06.55 WIB, Sabtu (23/11). Rombongan UAS kemudian melanjutkan perjalanan ke PMDG Putri Kampus 1 ditemani oleh Panitia Gontor yang telah menyambutnya di Solo, dan tiba di Gontor Putri pukul 08.45 WIB. Ustadz Abdul Somad mengisi tausiyah di hadapan para santriwati dan guru di Aula Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1 dengan tema “Menyiapkan Murobbiyah Untuk Generasi Terbaik”.

Selepas shalat Dhuhur, Ustadz Abdul Somad langsung melanjutkan perjalanan silaturrahim ke PMDG Kampus Pusat. Rombongan UAS tiba di Pondok Gontor pukul 14.25 WIB, Ustadz Abdul Somad mengisi tausiyah setelah shalat maghrib di Masjid Jami’ PMDG di depan seluruh santri dan guru Gontor. Pada kesempatan ini, Ustadz Abdul Somad bercerita tentang kisahnya ketika menjadi santri di salah satu pesantren alumni Gontor, dimana segala proses pendidikan di pesantren yang telah menjadikan dirinya teguh dan berprinsip dalam berdakwah. Kegiatan silaturrahim pada hari Sabtu diakhiri dengan acara makan malam bersama dengan Pimpinan dan Keluarga Besar PMDG di Aula Gedung Rabithah.

Pada hari Ahad (24/11), Ustadz Abdul Somad melaksanakan shalat subuh berjama’ah dengan Keluarga Besar PMDG beserta masyarakat di depan Masjid Jami’. Seusai shalat, UAS mengisi tabligh akbar dengan tema “Santri Sebagai Generasi Khairu Ummah”. Acara yang diselenggarakan di depan Masjid Jami’ ini dihadiri oleh keluarga besar PMDG di antaranya Pimpinan Pondok, anggota Badan Wakaf dan juga ketua-ketua lembaga di PMDG. Tabligh akbar ini juga diikuti oleh jamaah masjid sekitar pondok, beberapa pondok pesantren di Ponorogo, serta masyarakat Ponorogo dan sekitarnya. Hadirin yang datang memadati area tabligh akbar dari depan Masjid Jami’ hingga depan gedung Asia Pondok Modern Darussalam Gontor.

Acara tabligh akbar yang dimulai pada pukul 04.50 WIB ini dibuka dengan kalimat sambutan oleh KH. Hasan Abdullah Sahal, selaku Pimpinan PMDG. Pada sambutannya Kiai Hasan mengangkat Ustadz Abdul Somad menjadi anggota kehormatan Ikatan Alumni Pondok Modern (IKPM) Darussalam Gontor. Seusai sambutan, UAS menyampaikan tausiyahnya dengan tema terkait selama 90 menit, dan acara tabligh akbar selesai pada pukul 06.35 WIB.

Ustadz Abdul Somad menutup rentetan silaturrahimnya dengan mengunjungi Universitas Darussalam (Unida) Gontor di hari yang sama, setelah naik ke Menara Masjid Jami’ dan keliling Pondok Al-Muqoddasah bersama Pimpinan Pondok. Setibanya di Unida pada pukul 09.45 WIB, UAS bersilaturrahim dengan seluruh mahasiswa dan civitas akademika Unida Gontor di Hall Gedung Utama Lantai 4 Universitas Darussalam.

Kegiatan silaturrahim ini dibuka dengan kalimat sambutan oleh Rektor Unida, Prof. Dr. Amal Fathullah Zarkasy, M.A. dan Pimpinan Pondok, KH. Hasan Abdullah Sahal, selanjutnya acara dibawa oleh Dr. Kholid Muslih, M.A. selaku moderator. Pada pertemuan ini, UAS menyampaikan tausiyah yang bertemakan “Rajut Ukhuwwah, Jayakan Peradaban Islam”. Selesai mengisi tausiyah, rombongan UAS meninggalkan Unida Gontor dan kembali ke Pekanbaru, Riau. [Fath Fadli]

Popular Articles