Date:

Share:

Pagelaran Seni Akbar Perdana Universitas Darussalam “Al-Hambra Night”

Related Articles

Darussalam–Rabu malam (23/8), Universitas Darussalam (UNIDA) untuk pertama kalinya menyelenggarakan Pagelaran Seni Akbar bagi para mahasiswa yang disebut “Al-Hambra Night”, yang bertempatan di depan Gedung Utama Kampus UNIDA. Istilah ini diambil dari kata bahasa arab, yaitu الحمراء = Al-Hamraa’ yang artinya “merah”, ini adalah sebuah nama sebuah kompleks istana sekaligus benteng yang megah saat kekhalifahan Bani Umayyah di Granada, Spanyol bagian selatan (yang dikenal dengan sebutan Al-Andalus ketika benteng itu didirikan) yang mencakup wilayah perbukitan di perbatasan kota Granada. Istana ini dibangun sebagai tempat khalifah beserta para pembesar kerajaan. Al-Hambra sendiri banyak sekali menyimpan rekaman bersejarah Ilmu Pengetahuan, Karya Sastra, Seni dan  Arsitektur Bangunan Umat Islam.

Waktu diselenggarakan acara ini bersamaan dengan awal mula diadakannya Apel Tahunan Pekan Perkenalan Khutbatu-l-‘Arsy di UNIDA, tentunya acara ini selamanya akan terus berjalan dan menjadi sunnah bagi UNIDA seperti halnya Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG). Dengan diadakannya 2 acara ini pada awal tahun ajaran baru, minat belajar mahasiswa akan semakin bertambah dan akan lebih bergairah untuk mengikuti setiap aktivitas perkuliahan yang ada.

Acara ini resmi dibuka oleh Prof. Dr. Amal Fathullah Zarkasyi, M.A selaku rektor UNIDA, pada pidatonya beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh mahasiswa dan jajaran dosen atas partisipasinya dalam mensukseskan acara ini, “Saya sangat senang dan mengapresiasi terselenggaranya acara ini, jika ini kita adakan tiap tahun, maka mahasiswa UNIDA akan semakin semangat, bergairah belajar disini dan mahasiswa kita akan semakin bertambah”, ujar Prof. Dr. Amal Fathullah Zarkasyi, M.A.

Meichio Lesmana selaku Ketua Panitia Penyelenggara Acara menyampaikan bahwa acara ini diadakan untuk meningkatkan potensi dan kualitas mahasiswa santri yang berjiwa prima dan ideal. Ini merupakan bagian dari dinamika kehidupan mahasiswa santri sebagai bentuk konstribusi dalam kemajuan Tri Darma Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.

Pertunjukkan yang ditampilkan pada acara Al-Hambra Night malam itu tidak jauh beda dengan Pagelaran Seni Drama Arena dan Panggung Gembira yang dipentaskan oleh santri kelas 5 dan 6 KMI. Adapun acara yang ditampilkan oleh para mahasiwa ini adalah sebagai berikut : Hadroh, Theaterikalisasi Puisi, Nasyid, Lukis Pasir dan Diamond (Dimensi B), Drama Monolog, Tari Aceh, Tari Campur Sari, Tari Poco-poco dan Malulo, Dimensi Junior (Dimensi A), Sulap, Tae Kwon Do, Pencak Silat Nusantara, UNIDA Unity Band, War Dance, Tari India, Tari Bendera, Dimensi Junior dan All Star Band. Acara ini dihadiri oleh para dosen, Mahasiswa UNIDA Gontor Kampus Robithoh, Kampus 3 Kediri, dan Kampus Mantingan. rosikh

 

Popular Articles