Date:

Share:

Seminar “Online Research Skills (ORS)” Tingkatkan Kualitas Mahasiswa Guru UNIDA Gontor

Related Articles

Gontor–Dewan Mahasiswa Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor Kampus Rabithah kembali mengadakan Seminar Akhir Tahun bagi mahasiswa guru UNIDA Gontor. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan keilmuan dan wawasan para mahasiswa guru di Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG), khususnya dalam pemikiran dan peradaban Islam. Seminar yang digelar di Aula Rabithah ini dihadiri ratusan mahasiswa guru PMDG, Ahad-Selasa malam (29-31/12).

Adapun beberapa materi yang dijadikan tema pada seminar akhir tahun ini, diantaranya ialah Online Research Skills (ORS) dengan pemateri Al-Ustadz Faizuddin Harliansyah, M.I.M., dosen Universitas Islam Negeri Malik Ibrahim, Malang. Diawal sambutannya beliau menyampaikan tujuan acara malam ini adalah silaturahim, menyambung persaudaraan dengan keluarga besar mahasiswa guru UNIDA Gontor. “Untuk menjadi sumber ilmu, apalagi menjadi satu-satunya dalam sebuah perkumpulan itu adalah predikat yang sangat tinggi, dan saya belum pantas untuk itu. Saya tidak se-spesial itu. Dan silaturahim ini kita isi dengan belajar sebuah hal baru”. Tutur Ustadz Faizuddin.

Selain itu dosen UIN Malang ini menjelaskan, Research adalah sebuah penelitian; aktivitas yang tidak lepas dari kita sebagai akademisi, maka diperlukan pendalaman skil, kecakapan, cara dan siasat. Research memiliki beberapa tahapan, secara sederhana Ustadz Faizuddin membagi menjadi lima tahapan berikut:

  1. Identify research area
  2. Design research study
  3. Carry out research
  4. Analyse research results
  5. Publish research results, lalu kembali lagi ke pertama

(siklus ini disebut “The Research Cycle”)

Di akhir sesi, Ustadz Faizuddin menjelaskan bahwa tujuan dari ORS ini ialah untuk memudahkan kita dalam mengakses sumber-sumber belajar dan sumber penelitian yang sangat bermanfaat dan bernilai, dan itu dari seluruh dunia. Selain itu, ORS juga dapat membantu pengembangan perpustakaan research kita, sehingga kita mampu mengembangkan dan memperbanyak referensi kepustakaan kita di media penyimpanan data masing-masing. Sholih

 

 

 

Popular Articles