Date:

Share:

SEMINAR FOTOGRAFI: GONTOR DAN FOTOGRAFI

Related Articles

GONTOR– Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) tidak pernah berhenti dalam melaksankan kegiatan untuk meningkatkan kemampuan akademis maupun non-akademis para santri, beberapa diantaranya ada ekstrakulikuler, pelatihan-pelatihan serta seminar. Salah satunya adalah seminar fotografi yang diselenggarakan Bagian Fotografi Organisasi Pelajar Pondok Modern (OPPM) pada hari Jumat pagi (11/9) di Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM).

Acara ini diikuti oleh 250 peserta dari santri kelas 1-6 Kulliyatul Mu’allimi Al-Islamiyah (KMI) dan dihadiri oleh Al-Ustadz Muchammad Taufiq Affandi, M.Sc., Pembimbing Multimedia PMDG, sebagai pemateri pertama. Dalam sambutannya Ustadz Taufiq menyampaikan tentang sejarah fotografi di PMDG, perkembangan kamera dari setiap masa, bahkan sejarah dunia fotografi, yang bermula dari penemuan prinsip kamera oleh salah seorang ulama Muslim Ibn Haytham.

Fotografi bagi Gontor sendiri bukanlah suatu hal yang baru, terlihat dari banyaknya foto dokumentasi zaman dahulu, seperti foto Tarbiyatul Athfal (TA), Trimurti ketika masih muda, suasana shalat jama’ah di masjid atiq, dll.

Dalam kesempatan kali ini beliau menyampaikan bahwa salah satu yang terpenting dalam dunia fotografi adalah kita harus memiliki sense of art. Beliau menambahkan bahwa ketika belajar fotografi maka secara langsung kita juga belajar warna dan komposisi.

Tujuan utama diadakannya seminar adalah untuk mendidik agar nantinya para santri dapat menguasai berbagai macam bidang dengan tetap berpegang kepada Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah. “Dengan fotografi Gontor bisa menyebarluaskan dakwah Islam, informasi pondok dan media edukasi masyarakat” tutur Al-Ustadz Taufiq. Ghazna

 

Popular Articles