Date:

Share:

Semarak Hari Idul Adha di PMDG Putri Kampus 5

Related Articles

KANDANGAN, KEDIRI – Seluruh keluarga besar Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) merayakan hari Idul Adha, yang merupakan manifestasi perasaan kita kepada Allah. Takbir, tahlil dan tahmid tak lepas dari lisan setiap muslim guna mengagungkan Asma Allah, Dzat Yang Maha Tinggi, dengan memaknai kata qurban, yang berarti mendekatkan diri kepada Allah dengan menyembelih hewan yang kita kurbankan. Juga belajar dari berbagai kisah teladan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS dalam menjalani ujian dari Allah SWT. Maka, inilah waktu yang tepat bagi kaum muslim seluruhnya untuk berlomba-lomba agar selalu beribadah mendekatkan diri kepada Allah SWT.

“Marilah kita tundukkan kepala kita, memohon ampun kepada Allah SWT. Kita hindarkan rasa angkuh dan congkak”, ujar Al-Ustadz Ervan Sukoco, S.Th.I, selaku khotib sholat Idul Adha dalam khutbahnya di depan gedung Al-Azhar PMDG Putri Kampus 5 pada Jum’at (01/09) pagi.

Sholat Idul Adha dilaksanakan di depan gedung Al-Azhar dan diimami oleh Al-Ustadz Drs. H. Hamim Syuhada’, M.Ud, selaku Wakil Pengasuh PMDG Putri Kampus 5. Seluruh keluarga besar PMDG Putri Kampus 5 dan masyarakat sekitar pondok turut ikut dalam sholat Idul Adha.

Usai menunaikan sholat, kegiatan dilanjutkan dengan  penyembelihan hewan kurban. Seluruh santri dan guru berkumpul di lapangan hijau untuk melihat penyembelihan hewan kurban. “Alhamdulillah, tahun ini ada 12 ekor sapi dan 7 ekor kambing yang siap disembelih dan didistribusikan”, ucap Al-Ustadz Kholid Karomi, M.S.I, selaku penanggungjawab penyembelihan hewan kurban tahun ini.

Suasana Santriwati PMDG Putri Kampus 5 Saat Memotong-motong Daging Hewan Kurban yang Baru Saja Disembelih
Suasana Santriwati PMDG Putri Kampus 5 Saat Memotong-motong Daging Hewan Kurban yang Baru Saja Disembelih

Daging-daging yang sudah disembelih akan didistribusikan ke beberapa desa dan panti asuhan sekitar pondok, seperti desa Klampisan, desa Karangtengah, dan Panti Asuhan Muhammadiyah di Pare, Kediri. Pembagiaannya sendiri akan dimulai selepas sholat Zhuhur berjamaah.

Semoga semua yang telah kita niatkan dan usahakan, untuk melaksanakan perintah Allah SWT di hari raya kurban ini,  mendapatkan rahmat dan ridho dari-Nya, Amiin. dataGP5

Popular Articles