Date:

Share:

Semangat Baru Untuk Menuntut Ilmu

Related Articles

GONTOR- Selasa (27/11) lalu merupakan hari terakhir liburan bagi seluruh santri Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG). Ribuan santri berdatangan dari berbagai daerah di Indonesia bahkan luar negeri. Para santri datang dengan niat dan semangat baru untuk kembali menuntut ilmu di pondok ini.

Untuk memulai Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), PMDG melakukan Upacara Pembukaan Tahun Ajaran Kedua di depan Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM), Rabu (28/11). Upacara ini dihadiri oleh Pimpinan Pondok, Ketua-ketua Lembaga, Guru KMI dan seluruh santri dari kelas 1-6.

Pimpinan Pondok, K.H. Hasan Abdullah Sahal membuka pidato dengan membacakan QS. Al-Qiyamah (75) dari ayat 1-40 dengan diikuti oleh para santri dan guru yang hadir.

Menurut Kiai Hasan, surat ini mengajarkan kita untuk selalu bersyukur kepada Allah. “Jika kita hanya takut kepada Allah, dan tidak berharap kepada selain Allah, insyaAllah kita akan terus bersama” tambah Kiai Hasan.

Direktur Kuliyyatul Muallimin Al-Islamiyyah (KMI) K.H. Masyhudi Subari, M.A. menjelaskan, Ia amat sangat bersyukur dengan kembalinya para santri ke PMDG, guru dan santri mampu berdisiplin dengan baik.

Dalam pidatonya, Kiai Hasan berpesan agar para santri serta guru untuk kembali berdisiplin dengan kegiatan yang ada di Pondok ini. “Harus tahu why dan what for, kemudian for whom kalian berdisiplin! Disiplin bukan untuk menghargai pondok, bukan untuk pimpinan, tapi untuk menghargai diri kalian sendiri.” Rakafadel

 

Artikel terkait:

Kewajiban Menuntut Ilmu

Popular Articles