Date:

Share:

Selaku Nara Sumber, Dr. KH. Abdullah Syukri Zarkasyi, MA. Hadiri “Workshop Peningkatan Kapasitas Pondok Pesantren”

Related Articles

JAKARTA – Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor, Dr. KH. Abdullah Syukri Zarkasyi, MA. mendapatkan kepercayaan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia (Depag RI) untuk menjadi nara sumber pada acara “Workshop Peningkatan Kapasitas Pondok Pesantren” yang diselenggarakan Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Rabu (13/5) ini. Topik yang disampaikan beliau membahas tentang “Penataan Kelembagaan dan Kurikulum Pondok Pesantren Sebagai Ikhtiar Penjaminan Mutu dan Penguatan Kapasitas”.


 
Acara yang bertempat di Hotel Millenium, Jl. Fahrudin No. Tanah Abang Jakarta Pusat itu dibuka langsung oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Islam, Prof. Dr. Muhammad Ali, Rabu (13/5) sore, pukul 16.00 WIB. Adapun jumlah peserta yang mengikuti acara ini sebanyak 100 orang. Mereka adalah para pengasuh pondok pesantren dari seluruh Indonesia. Acara ini digelar selama tiga hari berturut-turut, dimulai pada tanggal 13 Mei  hingga tanggal 15 Mei 2009.

Setelah pembukaan dan pengarahan, acara langsung dilanjutkan dengan pemberian materi tentang “Strategi Pengembangan Kelembagaan dan Kurikulum Pondok Pesantren” yang disampaikan Dirjen Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren), Drs. H. Choirul Fuad Yusuf, MA. Kemudian pada malam harinya, materi disampaikan oleh Dr. KH. Abdullah Syukri Zarkasyi, MA. bersama-sama dengan Prof. Dr. KH. Tolchah Hasan mengenai cara menata lembaga pesantren dan kurikulumnya yang dapat menjamin mutu dan memperkuat kapasitas pondok pesantren itu sendiri. Setelah itu, Dr. H. Affandi Mochtar, MA. selaku Sekretaris Ditjen Pendidikan Islam juga menyampaikan materi dengan tema “Penguatan Kelembagaan Pondok Pesantren sebagai Bagian dari Sistem Pendidikan Nasional”.

Selain itu, Kepala Puskur Dep. Diknas juga menjadi nara sumber dalam acara ini, Kamis (14/5) pagi. Adapun tema yang disampaikan adalah “Penguatan Kurikulum Pondok Pesantren: Langkah-langkah Penyusunan dan Pengembangan”. Sedangkan untuk materi tentang “Penguatan Kapasitas Pesantren Sebagai Pusat Tafaqquh Fiddin dan Kaderisasi Ulama” dibawakan oleh Prof. Dr. KH. Said Aqil Siradj, MA pada hari yang sama.

Di samping pemaparan materi oleh para nara sumber, acara juga diisi dengan diskusi kelompok tentang sistem manajemen dan pengelolaan ataupun pengembangan kurikulum pondok pesantren. Setelah perumusan hasil akhir oleh Tim Akademik, acara pun akan ditutup oleh Direktur PD Pontren, Drs. H. Choirul Fuad Yusuf, MA, Jum'at (15/5) siang.    
 

Popular Articles