Date:

Share:

Sebelum Liburan Semester Pertama, Santri Gontor Ikuti Senam Bersama

Related Articles

GONTOR – Sebelum liburan semester pertama, para santri mengikuti acara senam bersama di depan Balai Pertemuan Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG), acara yang diikuti sekitar 4000 santri ini berlangsung khidmat, karena K.H. Hasan Abdullah Sahal Pimpinan PMDG turut menghadiri acara senam tersebut. Acara ini mengajarkan kepada santri tentang pentingnya olahraga, yang salah satunya di bidang senam, selain itu, agar tubuh  tidak terasa sakit, perlu ada terapi gerakan senam, dan otot-otot tubuh pun tidak terasa tegang.

Acara yang dilaksanakan Jum’at pagi (16/11) ini cukup unik, karena dilaksanakan H-2 menjelang liburan santri di semester pertama. Tampak dari wajah mereka yang riang gembira, karena besok lusa mereka sudah mulai pulang ke kampung halaman dan bersua kembali bersama keluarga tercinta.

Di Gontor, acara sekecil apapun ada nilai pendidikan yang berharga bagi para santri, semisal dengan diadakannya senam ini dapat menumbuhkan jiwa kebersamaan antara kiai dan santri, guru dan santri. Selain itu, ada jiwa keikhlasan yang selalu tertuang diantara mereka, karena antara kiai dan santri sama-sama ikhlas dan tulus mengikuti acara semacam ini sehingga muncul nilai pendekatan personal (personal approach). Memang, cukup jarang kita temukan kehidupan yang harmonis seperti ini di luar pondok, karena kehidupan semacam ini lebih mudah diterapkan di pesantren yang unggul dengan ruh kebersamaanya.  Usai mengikuti senam bersama, para santri bergegas kembali ke asrama dan bersiap-siap untuk masuk kelas guna mengikuti acara pembekalan ‘etiket’ (etika dan sopan santun) bersama asatidz. *aff

Popular Articles