Date:

Share:

Scout Olympiad Latih Kemampuan Berpramuka Santri

Related Articles

GONTOR—Anggota Pasukan Khusus (Pasus) tiap-tiap POT Gudep 15089 Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) nampak berbaris di depan Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM), Kamis (24/12) siang. Adika-adika pramuka dari tingkat penggalang tersebut sedang mengikuti upacara pembukaan Scout Olympiad atau biasa dikenal dengan Lomba Tingkat (LT). Acara pembukaan ini disertai pelantikan pramuka bantara, ramu dan terap. Koordinator Gerakan Pramuka (KGP) PMDG menggelar acara ini setahun sekali, tepatnya beberapa bulan pertama setelah pembukaan Tahun Ajaran Baru.



Menurut Syahrul Falakh, staf Andalan Koordinator Urusan Latihan (Ankulat) KGP PMDG, Scout Olympiad merupakan kompetisi dengan aneka ragam perlombaan. Namun, acara ini khusus diikuti anggota Pasus dari tingkat penggalang. Sedangkan bagi anggota pramuka dari tingkat penegak yang tergabung dalam Ambalan Khusus (Amsus), perlombaan yang hampir sama digelar pada akhir tahun. Dalam perlombaan kali ini, setiap Pasus terdiri dari 10 anggota pramuka penggalang yang mewakili POT masing-masing. “Dengan demikian, jumlah peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan ini mencapai 100 orang karena di Gontor terdapat 10 POT,” tutur Syahrul kepada Gontor Online, Jum’at (25/12) kemarin.

Setiap perlombaan yang terdapat di dalam Scout Olympiad ini, Syahrul menjelaskan, diharapkan dapat melatih ketangkasan, keterampilan dan kecakapan setiap adika pramuka penggalang. Perlombaan yang ada meliputi bola ikat, lempar air, just watch, cerdas cermat, wide game, peta pita, tebak kata dan cerdas cermat kertas. Tim juri yang bertindak dalam kesempatan ini terdiri dari seluruh pembimbing di Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) dan staf KGP PMDG.

Acara yang diketuai Murtadho, Yoki Marfaffi dan Hafidzuddin Saleh ini berlangsung selama empat hari dimulai sejak Kamis (24/12) lalu. Tiga hari selanjutnya dilaksanakan berturut-turut pada hari Selasa-Kamis, 29-31 Desember 2009 mendatang. Pada hari terakhir, Kamis (31/12),  perlombaan digelar di bumi perkemahan (buper) karena peserta diwajibkan mengikuti Perkemahan Kamis-Jum’at (Perkajum) yang akan dilaksanakan pada hari itu juga.

Di lain pihak, Perkajum perdana tahun ini telah dilaksanakan dua minggu yang lalu di Desa Grogol, tepatnya pada hari Kamis-Jum’at, 10-11 Desember 2009 silam. Namun pesertanya bukan dari anggota Pasus, akan tetapi anggota rayon se-Darussalam dengan tiap-tiap rayon mengutus 20 peserta yang berangkat ke buper. Sedangkan untuk Perkajum kedua pada minggu ini akan diikuti 10 peserta dari anggota rayon dan 10 peserta dari anggota Pasus yang juga merupakan peserta Scout Olympiad.
        

Popular Articles