Date:

Share:

Saudi 1 Lantai 2 Raih Gelar Juara Umum Lomba Senam

Related Articles

GONTOR—Setelah melalui tiga kali gladi, akhirnya acara Lomba Senam Antar Rayon Se-Darussalam berhasil digelar di lapangan hijau Pondok Modern Darussalam Gontor, Jum’at (16/10) pagi. Berkat kekompakan dan kerapian timnya, Saudi ½ berhasil dengan gemilang membawa pulang gelar bergengsi sebagai juara umum Lomba Senam Antar Rayon Se-Darussalam yang juga merupakan salah satu rangkaian acara Pekan Perkenalan Khutbatu-l-‘Arsy. Dengan demikian, rayon kibar yang satu ini telah menyingkirkan 20 peserta lainnya yang juga mengikuti lomba tersebut.


Seperti halnya Lomba Ketangkasan Baris Berbaris (LKBB) Antar Rayon, lomba senam ini juga terbagi ke dalam dua kategori; Rayon Sighor dan Rayon Kibar. Adapun untuk kategori Rayon Sighor berjumlah 13 peserta, sedangkan dari kategori Rayon Kibar, pesertanya berjumlah delapan rayon. Setiap kelompok peserta terdiri dari 21 orang dengan satu orang sebagai pimpinan kelompok untuk rayonnya masing-masing.

Aditya Nur, salah seorang penanggung jawab lomba ini, menyatakan, kriteria penilaian lomba senam tersebut meliputi gerakan senam, benar atau tidaknya gerakan senam dan urutan gerakan haruslah sesuai dengan kaidah senam yang sudah ditentukan. Di samping itu, setiap peserta juga harus mengutamakan kekompakan termasuk kerapian tim ketika senam berlangsung. Selain itu, hafal tidaknya peserta atas gerakan yang ditentukan panitia juga dinilai dewan juri. Untuk itu, tutur siswa kelas 6 Kulliyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI) ini, ketika lomba berlangsung, setiap peserta diharuskan untuk menutup matanya dengan kain sehingga masing-masing tidak mengetahui gerakan yang lainnya. Di sinilah hafalan gerakan setiap peserta diuji.

Adapun dewan juri untuk lomba senam ini sebanyak 11 orang. Masing-masing memberikan penilaian untuk gerakan senam, hafalan dan kekompakan setiap peserta. Kesebelas juri tersebut adalah Ust. Chairuddin Lubis, Ust. Adam Pratama, Ust. Muhammad Erfan, Ust. Abbas Abu Hasan, Ust. Ayyub Attamimi, Ust. Faqih Nidzom, Ust. Mujahid Imaduddin, Ust. Ruhul Jihad Fi Sabilillah, Ust. Taufik Hidayat, Ust. Lalu Fahrizal dan Ust. Wahyu Diantoro.
 
Melalui penilaian dewan juri tersebut Saudi ½ meraih gelar juara pertama untuk kategori Rayon Kibar sekaligus sebagai juara umum lomba senam tahun ini. Sedangkan rayon Aligarh 1/1 harus puas sebagai juara kedua dengan disusul Saudi 3/2 sebagai juara ketiga. Adapun untuk kategori Rayon Sighor, Gontor 2 meraih nilai tertinggi dan berhasil mendapatkan juara pertama, disusul Aligarh ½ sebagai juara kedua dan Wisma Hadi sebagai juara ketiga.

Popular Articles