Date:

Share:

SAR: Tingkatkan Kualitas Kepramukaan di Gontor

Related Articles

TULUNGAGUNG–Kepramukaan di Pondok Modern Darussalam Gontor merupakan kegiatan ektrakulikuler yang wajib dikuti oleh seluruh santri, disebabkan pendidikan kepemimpinan dan mental di dalamnya telah memunculkan para pemimpin yang sukses berkiprah di masyarakat. Dalam rangka meningkatkan efektifitas kepramukaan di Gontor, Majelis Pembimbing Koordinator Pramuka Harian (Mabikori) mengadakan agenda Search and Rescue yang biasa disingkat SAR secara rutin setiap tahunnya.

 

Pada tahun ini kegiatan SAR dilaksanakan pada tanggal 10–14 Rabi‘ul Awwal 1439/28 November–2 Desember 2017 bertempat di bendungan Wonorejo, Tulungagung. Adapun kegiatan yang akan diikuti oleh para peserta Vertical Rescue, Water Rescue, Survival, Navigasi darat dan air, dan Metode Penyelamatan.

 

Peserta kegiatan ini adalah anggota Pramuka golongan penggalang, penegak dan pandega dari santri Gontor dari kelas 1-5 KMI yang berjumlah 88 orang dan 8 orang pembimbing, serta telah memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. Pramuka yang direkomendasikan oleh gugus depannya
  2. Aktif di gugus depan
  3. Berbadan sehat dibuktikan dengan surat keterangan dokter
  4. Mendapat izin tertulis dari orangtua/wali dan kepala sekolah
  5. Sanggup membayar biaya yang diperlukan

Maksud diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan sesuatu yang bersifat positif dan bermanfaat bagi segenap peserta didik Gerakan Pramuka Gugus Depan 15089 Pondok Modern Darussalam Gontor, agar mereka dapat mengerti dan memahami tentang kebersamaan, keharmonisan dalam suatu kelompok.

Menurut pengalaman yang ada, para peserta kegiatan SAR terbukti mendapatkan banyak pengalaman dan ilmu pengetahuan dalam pertolongan pada kecelakaan serta terbukti dapat lebih memahami arti kepramukaan sebagai kegiatan yang baik dan menyenangkan di luar kelas. Sand88

Popular Articles