Date:

Share:

Santri, Guru dan Masyarakat Ikuti Shalat Idul Adha di PM. Gontor

Related Articles

GONTOR – Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor (PM. Gontor) menetapkan bahwa pelaksanaan Shalat Idul Adha dan Ibadah Qurban di Gontor dilaksanakan pada Jum’at, 10 Dzulhijjah 1438/01 September 2017. Keputusan ini diambil berdasarkan keputusan Pemerintah Saudi Arabia terkait tanggal pelaksanaan Shalat Idul Adha dan Wukuf Arafah, pelaksanaannya juga akan diikuti oleh seluruh Kampus PM. Gontor, baik dalam maupun luar Jawa, Kampus Putra maupun Putri. Shalat Idul Adha diikuti seluruh santri, guru, dan masyarakat sekitar desa Gontor.

K.H Hasan Abdullah Sahal sebagai imam Shalat Idul Adha
K.H Hasan Abdullah Sahal sebagai imam Shalat Idul Adha

Tahun ini, bertugas K.H. Hasan Abdullah Sahal sebagai imam, dan H. Ismail Abdullah Budi Prastyo, S.Ag., sebagai khatib. Kegiatan yang merupakan rutinitas wajib tahunan ini diselenggarakan di depan Masjid Jami’ PM. Gontor tepatnya pukul 06.30 WIB, dimulai dengan Shalat Idul Adha secara berjama’ah kemudian dilanjutkan dengan khutbah, kekhusyukan menyelimuti segenap jama’ah Shalat Idul Adha.

Dalam khutbahnya, Al-Ustadz H. Ismail Abdullah Budi Prasetyo, S.Ag. menjelaskan bahwa hari Idul Adha merupakan peristiwa besar antara Nabi Allah, Ibrahim A.S., dalam menemukan konsep ketauhidan dalam berketuhanan dan juga seorang Nabi yang mendapat ujian dari Allah berupa perintah untuk menyembelih Ismail yaitu putranya sendiri, dimana kemudian Allah menggantikannya dengan seekor domba. Dalam khutbahnya beliau juga menyampaikan doa untuk seluruh umat islam yang terjajah, terutama di Palestina dan Myanmar.

Setelah shalat, kegiatan dilanjutkan dengan penyembelihan hewan qurban oleh panitia dari santri dan guru KMI secara massal di depan gedung Yaqdzoh. Selain itu, juga terdapat acara yang tidak kalah pentingnya yaitu Lomba Vokal Grup antarkelas yang dilaksakana di Balai Pertemuan.muis

Popular Articles