Date:

Share:

Saka Bhayangkara Perluas Wawasan Adika Tentang Keamanan dan Ketertiban Masyarakat

Related Articles

DARUSSALAM- Selain membekali adika Pramuka dengan materi-materi kepramukaan dalam sesi latihan setiap pekannya, Majelis Pembimbing Koordinator Harian (MABIKORI) juga mengadakan kegiatan-kegiatan penunjang lainnya yang bertujuan untuk memperluas wawasan umum mereka. Di antara kegiatan itu adalah Kursus Orientasi Satuan Karya (Saka) Bhayangkara.

Saka Bhayangkara merupakan salah satu dari beberapa satuan karya yang ada di dalam Pramuka, yang fungsinya adalah menjadi wadah kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam bidang keamanan dan ketertiban masyarakat. Hal tersebut bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran para adika supaya ikut serta mengambil peran dalam pembangunan nasional.

Pembukaan kursus orientasi Saka Bhayangkara oleh Kepolisian Resor (POLRES) Kabupaten Ponorogo.

Kursus Orientasi Saka Bhayangkara berlangsung selama 3 hari, terhitung mulai hari Senin (16/1) sampai dengan hari Rabu (18/1) di Aula Pertemuan Gedung Rabithah PMDG. Dalam hal ini, MABIKORI menjalin kerja sama dengan Kepolisian Resor (POLRES) Wilayah Kabupaten Ponorogo untuk menjadi pemateri sekaligus pelatih pada kegiatan kursus tersebut. Adapun adika Pramuka yang menjadi peserta dari kursus tersebut berjumlah 150 orang, yang terdiri dari gabungan adika Penggalang dan Penegak Ambalan.

Materi yang disampaikan oleh pelatih pun terbilang banyak dan beragam. Secara garis besar ada 3 krida yang menjadi materi pokok dalam kursus Saka Bhayangkara, yaitu: ketertiban masyarakat, lalu lintas, dan penanggulangan bencana. Masing-masing krida bahkan memiliki banyak cabang atau Subkrida, seperti: pemadaman kebakaran, siskamling, pencegahan narkoba, olah Tempat Kejadian Peristiwa (TKP), serta materi-materi lainnya yang berkaitan dengan keamanan dan ketertiban.

Penyampaian materi kursus oleh pengurus Saka Bhayangkara.

Dari sekian banyak materi yang disampaikan, para adika Pramuka baik Penggalang maupun Penegak diharap dapat menyerap ilmu yang sebanyak-banyaknya dalam kursus tersebut. Selain itu, dengan bertambahnya wawasan mereka akan menjadi bekal yang berguna saat akan kembali ke masyarakat, menerapkan ilmu yang telah mereka pelajari dalam berkiprah di bidang keamanan dan ketertiban.

(Berita: Mahadi, Foto: ANKUKUANG, Editor: Husain, Review: Riza Ashari).

Artikel Terkait:

Saka Dirgantara Isi Waktu Luang Santri, Meski Di Masa Liburan

Saka Wira Kartika Membentuk Kepribadian Santri

Saka Bhayangkara, Ciptakan Generasi Aktif yang Inovatif

Popular Articles