Date:

Share:

Rihlah Iqtishadiyah Sambangi 9 Kota

Related Articles

IMG_1029DARUSSALAM—Tepat Pukul 23.00 WIB, (6/11) segenap Siswa Akhir KMI berkumpul berbaris rapi di depan BPPM, menyimak hati-hati wejangan yang disampaikan oleh K.H. Hasan Abdullah Sahal, Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor. Beliau melepas Siswa Akhir KMI yang akan mengadakan ar-Rihlah atTarbawiyah wal-Iqtishadiyah (Studi Tour Pendidikan dan Ekonomi) selama 4 hari 4 malam, Kamis–Ahad, (6/11–14). Sebanyak 723 orang santri kelas 6 mengikuti program rutin tahunan ini.

Kota tujuannya beragam, meliputi; Pekalongan, Semarang, Kudus, Magelang, Yogyakarta, Lamongan, Gresik, Surabaya, dan Malang. Sebanyak 18 unit bis dikerahkan untuk menemani perjalanan mereka. Setiap kota 2 unit bis dipakai. Adapun objek studinya seperti; sentra agrobisnis, home industry, pabrik-pabrik pengolahan makanan, Sekolah Militer, sentra batik, sentra ukiran, dan lembaga-lembaga pendidikan serta pondok pesantren.

IMG_0344Tujuan dari acara ini adalah memberi bekal. Bekal spirit juang para entrepreneur (wirausahawan), pendiri pesantren dst. mengawali perjuangan mereka dari nol. Bagaimana memulai suatu usaha dengan berpikir besar, memulai dari hal yang kecil, jujur dan ikhlas.

Itulah perhatian Gontor kepada santri-santrinya. Pembekalan tidaklah cukup melalui pengarahan, nasihat, wejangan, pembelajaran di kelas. Hal tersebut perlu agar membuka wawasan mereka dalam bidang ekonomi, wiraswata dan pendidikan secara komprehensif. elfah

Popular Articles