Date:

Share:

Resmi Dimulai, Pelajaran Sore Tambah Materi Baru

Related Articles

GONTOR-Pondok Modern Darussalam Gontor kembali giatkan pelajaran sore setelah dua bulan dinonaktifkan, kegiatan ini berupa proses belajar-mengajar di kelas pada siang hari, pukul 13.55-14.45. Pelajaran-pelajaran yang diajarkan berupa pelajaran-pelajaran tertentu, seperti Muthala’ah bagi kelas 1-4, Nahwu bagi kelas 2-3, Al-Qur’an bagi kelas 1-2, dan pelajaran-pelajaran lainnya sebagai penunjang akademis pelajaran pagi.

Sebelum Pelajaran Sore diaktifkan kembali, diadakanlah pengarahan umum oleh Pimpinan Pondok yang pada kali ini diwakili oleh H. Farid Sulistyo, Lc., selaku Wakil Direktur KMI. Pengarahan tersebut diadakan pada Sabtu malam (22/7) bertempat di Balai Pertemuan Pondok Modern serta dihadiri oleh seluruh siswa akhir KMI dan beberapa guru yang terpilih sebagai pengajar pelajaran sore. Pelajaran sore sudah diaktifkan kembali pada Ahad lalu (22/7).

Pada tahun ini, pelaksanaan pelajaran sore sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya, perbedaan tersebut ditandai dengan adanya penguatan sinergi antara pelajaran sore dan pelajaran pagi. Penguatan sinergi tersebut diwujudkan dengan adanya beberapa mata pelajaran baru di dalam pelajaran sore, pelajaran-pelajaran tersebuttidak diajarkan di kelas pagi hari, namun diujikan pada Ujian Semester Pertama. Adapun pelajaran-pelajaran tersebut adalah:

  1. Geografi bagi kelas 3 KMI
  2. Akuntansi Sederhana bagi kelas 3 Intensif KMI
  3. At-Tamrinat bagi kelas 3 intensif, 4 , dan 5 KMI
  4. Sejarah bagi kelas 4 KMI
  5. Sosiologi bagi kelas 3 Intensif dan 4 KMI
  6. Kasyfu-l-Mu’jam bagi kelas 5 KMI

Melihat kurangnya efektifitas pembelajaran santri pada materi-materi tersebut, pada akhirnya ditentukanlah bahwa pelajaran-pelajaran tersebut akan dipelajari di kelas pelajaran sore.

Banyak program yang akan direncanakan setiap tahunnya, beberapa di antaranya program baru, adapun yang lama tetap direvisi dan dikembangkan, hal ini dikarenakan Gontor ingin selalu meningkatkan kualitas santri dan gurunya secara keseluruhan, sehingga tujuan pendidikan dan pengajaran di Gontor bisa tercapai. Sand88

Popular Articles