Date:

Share:

Pupuk Kebersamaan, PMDG Adakan Silaturahim dan Tour Keluarga Pondok ke Surabaya

Related Articles

SURABAYA—Kebersamaan adalah kata kunci untuk mencapai kesuksesan. Sebuah lembaga tidak akan mampu mencapai titik keberhasilan, kecuali terjalin kerjasama yang baik antara komponen-komponen yang ada di dalamnya. Kebersamaan juga merupakan nilai yang diwariskan oleh Trimurti kepada generasi setelahnya. Para Pendiri Pondok Modern selalu menyelesaikan problematika pondok dengan musyawarah, difikirkan bersama, diputuskan bersama, dijalankan bersama dan ditaati bersama dengan seluruh Ahli Pondok Modern, baik guru maupun santri. Dengan demikian tercapailah berbagai keberhasilan baik yang bersifat ma’nawi (penanaman Panca Jiwa, Motto, dan filsafat hidup Pondok Modern) ataupun yang bersifat maady (pelaksanaan program Panca Jangka). Sehingga dapat dipastikan, bahwa keberhasilan yang dicapai saat ini, adalah buah dari nilai-nilai kebersamaan yang telah tumbuh subur sejak 92 tahun yang lalu.

Mengingat akan pentingnya arti kebersamaan tersebut, Pondok Modern Gontor dalam usianya yang ke 92 tahun, selalu membangun konsolidasi ke dalam, guna untuk melestarikan nilai-nilai kebersamaan yang diwariskan oleh Trimurti, mempererat tali persaudaraan antar kader, meningkatkan integritas terhadap nilai, jiwa, dan sistem, serta menyamakan visi, misi dan orientasi perjuangan di Pondok Modern (tajdiidun niyyah).

Diantara upaya Pimpinan Pondok Modern dalam menguatkan konsolidasi di atas adalah dengan mengadakan tour dan wisata bersama seluruh Keluarga Pondok Modern (Pembantu Langsung Pondok), beserta seluruh keluarganya. Acara yang berlangsung selama 3 hari, yakni pada hari Senin-Rabu, 18-21 November 2018 tersebut diselenggarakan di Kota Surabaya, tepatnya di Hotel Mercure. Kegiatan ini dikuti oleh lebih dari 700 orang keluarga besar PMDG. Kegiatan ini bukan sekedar wisata biasa yang berkonotasi santai, bersenang-senang, belanja, menghilangkan penat dan melupakan kesibukan sejenak, yang semua itu tidak sesuai dengan nilai dan ajaran Pondok Modern tentang kesederhanaan dan pentingnya waktu. Akan tetapi kegiatan wisata ini tetap dalam konteks ar-rohatu fi tabadulil’ a’maal, yaitu tetap menjadi bagian kegiatan penting yang wajib diikuti oleh segenap keluarga Pondok Modern.

Dalam kegiatan ini, Pimpinan Pondok Modern berkesempatan untuk menyampaikan pidatonya, dalam tempat, situasi dan kondisi yang berbeda dari biasanya. Dengan demikian diharapkan nilai-nilai kepondokmodernan yang ditanamkan bisa lebih efektif dan berkesan. Sementara itu, dalam kesempatan yang lain, para kader beserta keluarganya bisa membaur dengan keluarga yang lain dalam suasana keakraban, saling sapa, saling kenal, sehingga tercipta lingkungan kekeluargaan yang harmonis antar mereka.brada

Popular Articles