Date:

Share:

Public Speaking Contest: Sarana Pendidikan Berdakwah

Related Articles

Gontor-Dakwah merupakan salah satu pendidikan yang diajarkan Gontor kepada para santrinya, sarana yg digunakan Gontor demi mewujudkan hal tersebut adalah dengan mewajibkan seluruh santri mampu berpidato 3 bahasa, Arab, Inggris, dan Indonesia.

Salah satu agenda yang diadakan pondok untuk meningkatkan dan memacu semangat santri dalam berpidato adalah Public Speaking Contest (PSC), sebuah kompetisi lomba pidato yang diadakan 2 kali setiap tahunnya. Orator yang akan berlomba dalam agenda tersebut telah mengalami penyeleksian pada semester pertama, kemudian orator-orator tersebut akan tampil dalam babak Final pada semester kedua. Public Speaking Contest diadakan dalam 3 bahasa: Arab, Inggris, dan Indonesia.

Pada tahun ini PSC untuk Bahasa Indonesia dilaksanakan pada Kamis malam (21/12), sedangkan untuk bahasa Arab dan Inggris dilaksanakan dalam satu agenda yaitu pada Ahad malam (24/12). Bertugas membuka PSC Bahasa Indonesia Al-Ustadz Drs. Rif’at Husnul Ma’afi, M.Ag. sedangkan dalam bahasa Arab dan Inggris Al-Ustadz Royyan Ramdani Djayusman, M.A.

Turut hadir dalam kedua kesempatan tersebut Pimpinan Pondok, K.H. Hasan Abdullah Sahal dan K.H. Syamsul Hadi Abdan, namun Kiai Syamsul berhalangan hadir dalam kesempatan pertama.

Adapun para peserta yang lolos ke babak final PSC adalah sebagai berikut:

Bahasa Indonesia

  1. Muammar K  3-D
  2. Andi Muhammad Aqil 2-C
  3. Affrizal H 4-H
  4. Akif Muammar 2-C
  5. Rezqi Al-Akbar 3 Int H
  6. Rafif Fauzan 2-D
  7. Adnin D 2-B
  8. Andrean Megista 3-G

Bahasa Arab dan Inggris

  1. Abdul Aziz 1 Int G (Arab)
  2. Muhammad Fauzi 3 Int B (Arab)
  3. Rifky Maulani 3 Int C (Arab)
  4. Maulana A Fawwaz 4-B (Arab)
  5. Alif 2-L (Inggris)
  6. Ikhwan Hakim 2-D (Inggris)
  7. Lidzikri Ahmad 4-B (Inggris)

 

Keluar sebagai juara dalam PSC bahasa Indonesia Akif Muammar (2-C) sebagai juara 1 dan Affrizal (4-H) sebagai juara 2. Sedangkan untuk PSC bahasa Arab dan Inggris, Muhammad Fauzi (3 Int B) sebagai juara 1, Abdul Aziz (1 Int G) sebagai juara 2, dan Rifky Maulani (3 Int C) sebagai juara harapan. sand88

Popular Articles