Date:

Share:

PSIA Gelar Kajian Ilmiah Mingguan

Related Articles

DARUSSALAM—Pusat Studi Ilmu dan Amal (PSIA) kembali mengadakan kajian ilmiah mingguan dengan mengangkat tema “Eksistensi Pemuda dalam Perspektif Islam”, Ahad (25/10) malam. Tema yang disampaikan Ustadz H. Ahmad Suharto, S.Ag. ini mencermati posisi penting pemuda sebagai generasi penerus Islam yang tidak bisa diabaikan, dimana seorang pemuda mampu mengubah dunia dengan segala potensi yang dimilikinya. Pemuda yang dibekali dengan pengetahuan keislaman yang luas akan menjadikannya pemimpin masa depan yang akan meneruskan tongkat estafet peradaban Islam.

Acara yang digelar di Halaqoh Dewan Mahasiswa (Dema) tersebut dihadiri seluruh anggota PSIA yang baru saja dilantik beberapa minggu sebelumnya, Ahad (11/10). Anggota PSIA yang berjumlah 45 orang tersebut merupakan mahasiswa Institut Studi Islam Darussalam (ISID) yang mempunyai idealisme tinggi untuk meningkatkan kemampuan intelektualitas mereka sebagai seorang mahasiswa.

Menurut Ma’mun, ketua PSIA periode 2009-2010, organisasi ini sangatlah berguna untuk memacu kemampuan berpikir mahasiswa, menganalisa sebuah permasalahan dan mencari solusinya dengan tepat. Selain itu, dengan seluruh kegiatan yang ada di PSIA, seorang mahasiswa akan termotivasi untuk lebih menghargai akal yang dianugerahkan Allah SWT dengan mengamalkan ajaran Al-Qur’an dan Hadits dalam segala aspek kehidupan.

“PSIA sendiri dibentuk sejak tahun 2004 silam oleh Dr. H. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.A., M.Phil.,” ungkap mahasiswa semester 1 Fakultas Ushuluddin jurusan Akidah Filsafat dan Pemikiran Islam ini kepada Gontor Online, Senin (26/10). PSIA mempunyai banyak program kegiatan peningkatan kualitas keilmuan mahasiswa, tambahnya, antara lain forum diskusi dan debat yang dilaksanakan setiap hari bertempat di Masjid Atiq setelah shalat Maghrib tepat.
     
Di samping itu, PSIA juga mempunyai program studi banding ke beberapa perguruan tinggi untuk bertukar pikiran dan mengadakan orasi ilmiah. Dengan ini, anggota PSIA akan mempunyai pengalaman dan wawasan yang luas, sehingga siap untuk menghadapi berbagai permasalahan kontemporer yang bergulir di masyarakat kelak. Hasilnya, setiap anggota PSIA akan mempunyai bekal kemampuan berargumentasi dari hasil diskusi dan debat yang diadakan setiap harinya.
 
 

Popular Articles