Date:

Share:

PSC Zone Kelas 5, Sarana Peningkatan Keterampilan Berpidato

Related Articles

DARUSSALAM—Pengasuhan Santri Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG), melalui Bagian Pengajaran OPPM kembali mengadakan Public Speaking Contest (PSC) Bahasa Arab dan Inggris untuk siswa kelas 5 KMI. Lomba keterampilan berpidato ini diadakan pada hari Kamis (19/9) di Gedung Sudan PMDG. Dimulai pada pukul 20.15 WIB, perlombaan tersebut diselenggarakan di 5 zona atau ruangan, dan diikuti oleh 20 peserta yang merupakan perwakilan dari kelas-kelas latihan pidato.

Setelah seleksi di 5 zona tersebut, akan dipilih 6 orang terbaik, yang nantinya akan diperlombakan di Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM) pada semester kedua. Untuk siswa kelas 5, lomba pidato hanya diselenggarakan satu waktu, dimana lomba pidato Bahasa Arab dan Inggris dilaksanakan bersamaan. Hal ini berbeda dengan siswa kelas 1-4 yang perlombaannya diadakan selama 3 hari, dengan pemisahan setiap Bahasa.  

Gontor, sebagai lembaga pendidikan pencetak kader-kader pemimpin umat sangat memperhatikan pembinaan keterampilan berbicara bagi para santri. Latihan pidato yang secara rutin diadakan 3 kali dalam seminggu, diatur dengan disiplin yang ketat oleh Bagian Pengajaran OPPM, dibimbing oleh Public Speaking and Discussion Advisory Council (Pusdac).

Seluruh santri diwajibkan untuk membuat I’dad berupa teks yang ditulis sebagai persiapan atau bahan dalam berpidato. Prosesnyapun tidak mudah, mereka diharuskan untuk meminta cap dari Bagian Pengajaran yang menandakan bahwa teksnya sudah diperiksa.

Semoga dengan semaraknya perlombaan pidato pada tahun ini, dapat meningkatkan semangat para santri untuk meningkatkan kemampuannya dalam berbicara, sehingga kelak mereka mampu menjadi singa-singa podium yang bermanfaat bagi agama, nusa, dan bangsa. #brada

Popular Articles