Date:

Share:

PSC Latih Mental Dan Karakter Santri

Related Articles

DARUSSALAM–Sebagai salah satu sarana dalam mendidik mental para santri, Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) mengadakan kegiatan Public Speaking Contest (PSC) yang dilaksanakan pada Ahad (1/12) malam di Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM). Acara tersebut merupakan final dari lomba PSC per-zona yang telah diadakan pada semester pertama lalu. Final kali ini diperuntukkan bagi kontestan pidato dengan bahasa Arab dan Inggris, sedangkan untuk final Lomba Pidato Bahasa Indonesia akan diselenggarakan pada hari Kamis (5/12) yang akan datang.

Al-Ustadz H. Sugeng, Lc. menyampaikan: “Acara ini penuh dengan nilai pendidikan, yaitu pendidikan mental dan karakter” begitulah kutipan dari sambutan yang beliau sampaikan. Beliau juga menyampaikan bahwa kegiatan ini mampu melatih para santri untuk tampil di depan umum, agar nantinya mereka mampu terjun langsung ke masyarakat sebagai mundzirul qaum, mengajak kepada kebaikan dan menjauhi kemungkaran.

Acara yang dimulai pada pukul 20.15 itu dimeriahkan oleh total 6 orang peserta, yaitu 3 peserta untuk pidato bahasa Arab dan 3 peserta untuk pidato berbahasa Inggris. Setiap peserta diberikan durasi waktu selama 7 menit untuk berdiri di podium dan menampilkan kecakapannya dalam berpidato di depan para hadirin serta dewan juri. Selain itu, acara juga dimeriahkan dengan beberapa penampilan oleh panitia.

Di penghujung acara, para juri membacakan hasil akhir penilaian untuk masing-masing kontestan yang telah tampil sekaligus mengumumkan pemenang pada final PSC malam hari itu. Untuk pidato bahasa Inggris, juara 3 diraih oleh Naufal Kholish kelas 1 intensif B, kemudian Zaim Rashif kelas 3 intensif L pada juara 2, dan untuk juara 1 dimenangkan oleh Bangun Luhur kelas 2-B. sedangkan untuk pidato berbahasa Arab, berada pada juara 3 adalah Faishal Darmawan kelas 3-C, kemudian juara 2 adalah Abdur Rasyid kelas 3 intensif G, serta Nashrun Faqih Pitambara kelas 4-I pada juara 1.

Husain Zahrul/Raka Fadel

Popular Articles