Date:

Share:

PSC Kelas 5 Didik Orator Piawai Berbahasa

Related Articles

DARUSSALAM – Pendidikan yang diterapkan di Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) bukan hanya dilakukan di dalam kelas saja, tetapi meliputi seluruh kegiatan yang ada di pondok selama 24 jam. Semua kegiatan tersebut dalam rangka membentuk karakter santri, salah satunya dengan kegiatan Public Speaking Contest (PSC) antar zona untuk kelas 5 KMI. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas bahasa para siswa, yang diadakan pada hari Kamis (10/09) malam di gedung Rabithah.

“Acara PSC antar zona untuk kelas 5 ini bertujuan sebagai tolak ukur bahasa mereka, karena kelas 5 di dalam pondok sebagai pengurus rayon sangat berperan penting untuk meningkat kualitas bahasa anggota. acara PSC ini juga sebagai pendidikan untuk mereka dalam hal berorganisasi.” ujar Al-ustadz Nanang Nurochim, salah satu staf Public Speaking and Discussion Advisory Council (PUSDAC).

Acara PSC antar zona kelas 5 ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Pada tahun sebelumnya acara PSC ini diadakan di gedung Sudan, tetapi untuk tahun ini diadakan di gedung Rabithah untuk memudahkan dalam pengontrolan acara dan tidak menggangu ruangan latihan pidato untuk anggota. Acara PSC antar zona ini sebagai seleksi pencarian peserta terbaik diantara banyak peserta, untuk nantinya menjadi peserta lomba final PSC yang akan diadakan di Balai Pertemuan pondok Modern (BPPM) pada akhir tahun.

Acara PSC ini dipanitiai oleh kelas 5 KMi yang kurang lebih berjumlah 200 orang, yang dilantik sejak 2 minggu sebelum acara. PSC antar zona kelas 5 ini terdiri dari 5 zona, yang berisikan 7 peserta di setiap zonanya. Setiap zona PSC menggunakan tema acara sesuai dengan yang sudah diarahkan oleh pembimbing; zona 1 bertemakan Arabik, zona 2 bertemakan Brazil, zona 3 bertemakan Atlantik, zona 4 bertemakan Eropa dan zona 5 bertemakan Jepang.

Penilaan setiap zona terdiri dari beberapa kriteria; yaitu dalam hal tata letak ruangan, background, kekompakan, keaktifan peserta, dan kedisiplinan waktu. Peserta lomba PSC diambil dari setiap kelas dan ruagan latihan pidato, kemudian mereka diseleksi dan diwajibkan untuk menulis i’dad serta meminta tanda tangan kepada wali kelas mereka masing-masing, staf PUSDAC, dan bagian pengajaran. Peserta lomba PSC antar zona kelas 5 ini hanya dibolehkan mengunakan 2 bahasa yaitu bahasa Arab dan Inggris. Pembicara terbaik dinilai dari kepintaran dalam menyampaikan materi, kualitas bahasa, ketepatan waktu dan isi pidato. Juri dari PSC ini diambil dari beberapa Asatidz yang memiliki keahlian berbahasa yang baik.Dinulcahya

Popular Articles