Date:

Share:

PSC Ajang Unjuk Keahlian Santri Dalam Berorasi

Related Articles

DARUSSALAM- Pidato merupakan salah satu ekstrakurikuler yang ada di Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG). Latihan pidato sejatinya untuk melatih mental santri berbicara dari apa yang mereka ketahui baik bersumber dari pengalaman, pengetahuan yang di baca dan didengar. Kegiatan ini rutin dilaksanakan santri sebanyak tiga kali dalam seminggu dengan mengunakan 3 bahasa. Dalam meningkatakan prestasi maka PMDG membuat sistem kompetisi dalam berpidato yang di kemas dalam kegiatan Perlombaan tersebut dinamai Public Speaking Contest (PSC).

Pembukaan PSC Secara Simbolis.

PSC diadakan di Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM) Darussalam Gontor, dihadiri oleh Pimpinan PMDG, bapak guru KMI, serta para santri. Adapun kegiatan ini dipanitiai oleh siswa kelas 3 intensif dan 4, serta di bawah bimbingan para wali kelas. Perlombaan tersebut diadakan 2 kali: yang pertama perlombaan pidato dengan bahasa Arab dan Inggris diadakan pada Ahad (30/10) pukul 20.00 WIB, sedangkan perlombaan pidato bahasa Indonesia diadakan hari Kamis (3/11) dengan waktu yang sama.

Peserta PSC adalah siswa kelas 1-4 KMI, yang telah terlebih dahulu mengikuti babak kualifikasi antar zona dan lolos dari fase tersebut. Sehingga hanya akan ada 12 orang peserta yang akan menunjukkan talentanya dalam hal orasi. Dari ke-12 peserta tersebut, 4 di antaranya akan menggunakan bahasa Arab, 4 lainnya menggunakan bahasa Inggris, sedangkan 4 terakhir akan menggunakan bahasa Indonesia

Salah Satu Peserta PSC Dalam Bahasa Inggris.

Adapun pemenang lomba pidato dari masing-masing bahasa adalah sebagai berikut:

Kategori Bahasa Arab:

Kategori

Nama Pemenang Kelas

Juara 1

Ahmad Fad’aq Mushoddaq

3 Int C

Juara 2

M. Rizky Kurnia

3 Int B

Juara 3

Zayyan Kahar

3-C

Kategori Bahasa Inggris:

Kategori

Nama Pemenang

Kelas

Juara 1

Andhika Pratama

4-B

Juara 2

Muhammad Fauzan

3 Int B

Juara 3

Rangga Abimanyu

3-D

Kategori Bahasa Indonesia:

Kategori

Nama Pemenang

Kelas

Juara 1

Alhayat Gulistan

3-C

Juara 2

Hamdan Yuwafi

4-B

Juara 3

Syauqi Asy-Syazali

3 Int B

Penyerahan Hadiah Kepada Pemenang PSC.

Kegiatan PSC ini diharap dapat memotivasi  para santri agar sadar akan pentingnya kemampuan berbicara di depan orang banyak. Sehingga mereka dapat memanfaatkan waktu yang berharga ini dan tidak membuang kesempatan emas yang bisa mereka dapatkan dari latihan pidato selama berada PMDG.

(Berita: Mahadi, Foto: Qoid, Editor: Husain, Review: Riza Ashari).

Related Articles:

Meningkatkan Kualitas Belajar dengan Pelajaran Sore dan Latihan Pidato

Public Speaking Contest : Tingkatkan Mentalitas Santri Dalam Berpidato

PSC Zone Kelas 5, Sarana Peningkatan Keterampilan Berpidato

Popular Articles