Date:

Share:

Porseni, Tumbuhkan Jiwa Sportivitas Santri

Related Articles

DARUSSALAM- Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) dibuka secara seremonial disertai pengibaran bendera Porseni di lapangan hijau Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) pada Jumat (20/5). Kegiatan ini menjadi awal dari rentetan acara Pekan Perkenalan Khutbatu-l-‘Arsy 1443.

Al-Ustadz H. Ahmad Fauzi Hidayatullah, S.Th.I. bertindak sebagai pembina upacara pada agenda ini. Dalam sambutannya beliau berpesan kepada seluruh santri agar menjadi generasi muda yang berkarakter sesuai dengan Motto PMDG.

“PMDG adalah lembaga pendidikan Islam yang terus menerus melahirkan generasi muda yang berbudi tinggi, berbadan sehat, berpengetahuan luas, dan berpikiran bebas. Generasi muda yang berkarakter, berkepribadian, dan berwawasan luas. Oleh karenanya, PMDG selalu mensinergikan antara pendidikan dan pengajaran.” pesan beliau dalam pidato pada upacara pembukaan Porseni.

Al Ustadz H. Ahmad Fauzi Hidayatullah, S.Th.I., bertindak sebagai pembina upacara pembukaan Porseni 1443.

Dengan diadakannya acara ini, diharapkan mampu melatih naluri kepemimpinan serta jiwa sportivitas dalam diri santri PMDG. Santri dilatih untuk mampu meraih prestasi dengan tetap menjunjung nilai sportivitas dan kebersamaan. Ini merupakan pelajaran mahal yang tak mudah didapatkan di luar alam pendidikan PMDG. Tak hanya santri, seluruh elemen yang terkait baik yang bertindak sebagai pemain, pelatih, wasit ,hingga panitia diharapkan mampu mengambil manfaat dari Porseni ini, mengingat acara ini merupakan salah satu acara dalam Pekan Perkenalan Khutbatu-l-‘Arsy, di mana seluruh rentetan acara dalam Khutbatu-l-‘Arsy sarat akan nilai dan makna.

“Kegiatan tak hanya pada olahraga, juga olah rasa dan olah jiwa. Maka, Porseni dikenalkan pada santri agar seluruh kegiatan di dalamnya diupayakan dalam rangka mengolah raganya, mengolah rasanya, mengolah jiwanya, sehingga memiliki raga yang kuat, sehat, dan semangat menjadi Al-mu’miinu al-qowiyyu yang betul-betul ahabbu ilallah.” lanjut beliau pada pagi hari ini.

Selepas upacara pembukaan Porseni, agenda pagi hari ini dilanjutkan dengan penampilan Grand Opening yang menggambarkan semangat olahraga para santri. Marching Band Gema Nada Darussalam juga turut meramaikan pembukaan ini dengan membawakan lagu ‘Hymne Oh Pondokku’ dan ‘Assalamu’alaikum’. Kemudian, ditampilkan pula atraksi dan seni beladiri oleh kelompok Persatuan Bela Diri Darussalam (PERBEDA). Terakhir, Tabloid Olahraga yang berupa anekdot ragam jenis olahraga yang dibungkus dalam tampilan jenaka menjadi penutup dalam acara ini.

Salah satu atraksi bela diri yang ditampilkan oleh PERBEDA.

Sebanyak 21 asrama santri akan saling berlomba dalam berbagai cabang olahraga, diantaranya adalah Sepak Bola, Futsal, Basket, Voli, Takraw, dan Badminton. Kegiatan ini berlangsung selama sepekan mulai dari Jumat, 20 Mei hingga Kamis 26 Mei mendatang. Sultan Ridwan


Artikel terkait:

Amanat Porseni, Drs.H. Rif’at Husnul Maafi, M.A.: Mencetak Mundzirul-Qoum

Amanat Porseni, H. Badrun Syahir: Generasi Yang Berkepribadian & Berkarakter

Pembukaan Porseni Awali Rentetan Kegiatan Pekan Perkenalan di Pondok Gontor

Popular Articles