Date:

Share:

PMDG Kampus 13 dan Kampus Putri 6 Adakan Peringatan Persemar

Related Articles

Poso– PMDG Putra Kampus 13 dan PMDG Putri Kampus 6 mengadakan peringatan Persemar 1967 di Aula Gontor Putra Kampus 13 pada hari Sabtu (23/3). Peringatan ini dihadiri oleh Pimpinan Gontor yang juga salah satu saksi hidup kejadian itu, K.H. Syamsul Hadi Abdan didampingi oleh Al-Ustadz Muhammad Anwar Boyaman, Guru Senior KMI.

Di awal acara, Al-Ustadz Cecep Shobar Rochmat, Wakil Pengasuh PMDG Kampus 13 menyampaikan rasa syukur atas  kehadiran KH. Syamsul Hadi Abdan  di PMDG Kampus 13 Ittihadul Ummah ini. “Kedatangan beliau (KH. Syamsul Hadi Abdan) layaknya seorang santri yang mondok kemudian didatangi oleh orang tuanya” tutur Al-Ustadz Cecep.

Dalam sambutannya, KH. Syamsul Hadi Abdan “Persemar ini harus selalu diperingati agar keluarga besar PMDG mengerti dan tahu sejarah berdirinya pondok ini. Dan tujuan utama diadakannya acara ini adalah agar peristiwa yang sangat memalukan umat Islam ini tidak terjadi lagi.” ujar K.H. Syamsul Hadi Abdan, saat memberikan sambutan. Dalam kesempatan yang sama beliau juga menceritakan sejarah Gontor mulai dari berdirinya Gontor lama, masa kejayaan Gontor lama, masa kemunduran Gontor lama, hingga berdirinya Gontor baru pada tahun 1926 oleh tiga bersaudara mereka adalah KH. Ahmad Sahal, KH. Zaenudin Fananie, KH. Imam Zarkasyi.

Al-Ustadz Anwar Boyaman  menyampaikan Bab I mengenai “Usaha mengambil alih Pimpinan atau menghancurkan Pondok Modern Gontor”, kemudian Al-Ustadz Ony Fajar Syahdi, M.Pd.I membacakan Bab II tentang “Maklumat Pimpinan”, dilanjutkan oleh Al-Ustadz Muhtarom M. Salim menyampaikan Bab III yang berisi “Keputusan Musyawarah Kerja Nasional dan Upgrading Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM)”, lalu Al-Ustadz Andri Kurni Putra membacakan Bab IV dan V yang berisi tentang “Pernyataan dan Lembaran berita” di akhir acara, lalu Al-Ustadz Cecep membaca Pokok-Pokok Pidato K.H. Imam Zarkasyi.

Dengan pelaksanaan acara peringatan ini, diharapkan para santri dan guru-guru memahami betul akan status, posisi, dan orientIMG_3929asi pondok ini. Agar dalam menjalani kegiatan di pondok ini, mereka tak hanya sekedar ikut-ikutan, namun mengerti betul maksud dan tujuannya. Hal di atas juga merupakan tujuan utama diadakannya Pekan Perkenalan Khutbatu-l-‘Arsy PMDG pada setiap awal Tahun Ajaran baru.

Setelah dari PMDG Kampus 13, rombongan menuju ke PMDG Putri Kampus 4 di Kendari. Pada hari berikutnya, Senin (25/3) K.H. Syamsul Hadi Abdan kembali menjadi pemateri dalam acara yang sama. Semoga Gontor terus berdiri tegak dengan nilai-nilai luhurnya.Ahsy

Popular Articles