Date:

Share:

PKU VIII Berkunjung ke Bina Qalam

Related Articles

Silaturahim dengan Bina Qalam
Silaturahim dengan Bina Qalam

SURABAYA–Pada hari kedua di Surabaya, peserta Program Kaderisasi Ulama (PKU) VIII Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor mendapat undangan dari Yayasan Bina Qalam Indonesia, Rabu (11/2) pagi. Kunjungan di sela-sela kegiatan workshop ini bertujuan mengenal lebih jauh program-program kepenulisan yang dikembangkan Bina Qalam. Di samping itu, PKU UNIDA Gontor dan Yayasan Bina Qalam memiliki keterikatan karena sama-sama menjalin relasi dengan Yayasan Dana Sosial Al-Falah (YDSF) Surabaya.

Rombongan disambut Ketua Yayasan Bina Qalam Indonesia, Oki Aryono, di Kantor Bina Qalam yang berlokasi di Jalan Bengawan, Surabaya. Para peserta PKU VIII diberi penjelasan mengenai lembaga yang bergerak mencari, melatih, dan mengader penulis-penulis muda itu. Setelah melalui beragam pelatihan, mereka akan diorbitkan sebagai penulis hebat berbakat dan tergabung dalam Lembaga Manajemen Penulis Indonesia (MPI) yang dikelola Yayasan Bina Qalam Indonesia.

Oki Aryono mengaku, pihaknya membutuhkan kontribusi peserta PKU untuk merealisasikan tujuan Bina Qalam mengubah dunia dengan pena. Sebagaimana diketahui, PKU secara intensif telah membekali kader-kader terbaik umat dengan berbagai bidang keilmuan. Lebih penting lagi, mereka telah dilatih menulis selama enam bulan dan sudah mampu berdakwah melalui tulisan. Hal ini sangat memudahkan Bina Qalam dalam memenuhi kebutuhan tulisan dari berbagai jaringan media partner.

“Sampai saat ini, selama setahun Bina Qalam berdiri, kami masih kekurangan penulis-penulis muda berbakat dari kalangan muslim, sedangkan berbagai media yang bekerja sama dengan kami sangat membutuhkan tulisan-tulisan berkualitas mengenai wacana-wacana kontemporer, terutama tentang keislaman dan isu-isunya,” kata Oki kepada peserta PKU VIII UNIDA Gontor.

Bina Qalam membuka pintu seluas-luasnya bagi peserta PKU untuk bergabung menjadi penulis di MPI. Sehingga, ilmu mereka terus berkembang dan bermanfaat bagi umat. “Dalam sebuah kesempatan, Ustadz Hamid pernah menyampaikan bahwa seorang ilmuwan itu jangan sampai tenggelam oleh ilmunya sendiri karena ia tidak pernah menulis,” ungkap Oki Aryono menyampaikan pesan Dr. H. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.Ed., M.Phil. kepada 23 peserta PKU di hadapannya.*elk

Popular Articles