Date:

Share:

Pimpinan Pondok dan Ketua Badan Wakaf Gontor Hadiri Launching GISWAF

Related Articles

Surabaya- K.H. Syamsul Hadi Abdan, Pimpinan PMDG, dan K.H. Akrim Mariyat, Dipl. A. Ed., Ketua Badan Wakaf (BW) PMDG hadir dalam launching GISWAF (Gerakan Indonesia Sadar Wakaf). Acara hasil kerja sama Gontor-BI-BWI ini diadakan di Masjid Al-Akbar Surabaya, Senin pagi (10/12) pukul 08.30 WIB.

Wakaf merupakan salah satu instrument pendanaan sosial yang berperan penting dalam membangun peradaban Islam. Namun, karena kurangnya kapabilitas para pengelola wakaf untuk memelihara dan memberdayakannya membuat mayoritas wakaf tidak produktif bahkan rusak. Dibutuhkan gerakan edukasi kepada masyarakat, maka dibentuklah GISWAF ini. GISWAF akan menjawab permasalah-permasalahan wakaf khususnya membangun kesadaran akan pentingnya wakaf yang dapat memakmurkan kehidupan di dunia dan akhirat.

“Umat masih perlu dibimbing dan diberi pemahaman tentang keistimewaan wakaf yang memadai. Sehingga potensi umat yang banyak saat ini bukan malah menjadi beban tapi semestinya menjadi pasukan penggerak wakaf.” Jelas Kiai Syamsul dalam sambutannya.

Senada dengan hal itu, Wakil Rektor Unida Gontor, Dr. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.A., M.Phil., mengatakan “Gerakan Indonesia Sadar Wakaf (Giswaf) ini akan terus disuarakan dan akan menjadi gerakan bersama. Karena kami sadar, kami tidak bisa sendiri, dari sinilah kita terus menggerakan Giswaf ini,”.

Selain dari Gontor, launching ini dihadiri juga oleh Bapak Difi A. Johansyah, Pimpinan Kantor Perwakilan BI wilayah Jawa Timur, Ketua Badan Wakaf Indonesia (diwakilkan), Menteri Agama (diwakilkan), dsb. dalam rankaian acara ini terdapat presentasi buku “Fiqih Wakaf Praktis (Dasar)” oleh Dr. Imam Kamaluddin, Lc., M.Hum., Dekan Fakultas Syari’ah Unida Gontor, Sosialisasi ICAST (International Centre for Awqaf Studies (ICAST), dan diakhiri dengan Pesan dari Ketua BW, Kiai Akrim. AaRum.

Popular Articles