Date:

Share:

Pimpinan Pondok Buka Rangkaian Kegiatan Tarbiyah Amaliyah

Related Articles

GONTOR–Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG), K.H. Hasan Abdullah Sahal dan K.H. Syamsul Hadi Abdan resmi membuka rentetan kegiatan Tarbiyah Amaliyah (disebut juga Amaliyah al-Tadris) tahun 1440/2019 pada Senin pagi (28/1). Acara pembukaan tersebut diikuti oleh seluruh siswa akhir (kelas 6) Kulliyyatu-l-Mu‘allimin Al-Islamiyah (KMI) 2019 PMDG Kampus Pusat dan beberapa kampus cabang (Kampus 2 Siman, Kampus 7 Kendari, dan Kampus 9 Kalianda) beserta musyrif masing-masing. Turut hadir dalam acara tersebut seluruh Wakil Pengasuh dan Wakil Direktur KMI dari setiap kampus yang sudah terdapat siswa kelas 6 nya.

Acara pembukaan dimulai dengan penyampaian pesan dan nasihat dari Pimpinan Pondok, dilanjutkan pengarahan singkat oleh Direktur KMI, K.H. Masyhudi Subari, M.A., mengenai tata cara dan teori-teori umum dalam Tarbiyah Amaliyah.

PMDG dengan sistem KMI mencetak guru-guru Islam yang berkompeten, dan salah satu langkah PMDG dalam mewujudkan hal tersebut adalah dengan mengajarkan siswa materi Tarbiyah mulai dari kelas 3 hingga 6 KMI, setelah semua materi diajarkan, maka pada jenjang akhir, tibalah saatnya bagi mereka untuk menerapkan semua yang telah dipelajari dari materi Tarbiyah tersebut.

Tarbiyah Amaliyah, rutinitas tahunan ini wajib diikuti oleh seluruh siswa akhir KMI. Setiap siswa akhir KMI ditugaskan mengajar pada pelajaran dan kelas yang sudah ditentukan. Kesuksesan siswa akhir KMI dalam hal ini bergantung kepada kemampuan mereka dalam menentukan thariqah al-tadris (metode pengajaran) yang tepat, menguasai materi, dan membuat persiapan yang matang, selain itu, kemampuan mereka dalam menyampaikan naqd juga menjadi pertimbangan, setelahnya akan diketahui apakah siswa tersebut shalih tadris (layak mengajar) atau ghairu shalih tadris(tidak layak mengajar). Sand8

Popular Articles