Date:

Share:

Gontor Peringati Persemar 1967

Related Articles

GONTOR – Tepat pada tanggal 19 Maret 1967, 46 tahun yang lalu, telah terjadi peristiwa yang sangat memalukan bagi umat Islam. Kejadian memilukan yang merusak keikhlasan Trimurti Pendiri Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG). Peristiwa itu dikenal dengan Peristiwa Sembilan Belas Maret (Persemar) 1967. Peristiwa dalam bentuk protes dan demonstrasi, yang dilakukan sekelompok ustad dan santri terhadap kyai mereka tersebut, bertujuan mengkudeta Trimurti dari kedudukannya atau menghancurkan PMDG. Tindakan hina dan tercela ini berujung pengusiran terhadap sejumlah ustad yang mendalanginya dan seluruh santri yang ada pada saat itu, yang jumlahnya telah mencapai 1500 santri.

Guna mengevaluasi pondok dan menghindari terulangnya peristiwa semacam itu, Gontor kembali melaksanakan Peringatan Persemar 1967 yang telah sekian lama tidak diperingati. Acara ini dihadiri seluruh santri, guru-guru Kulliyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI), dan para Wakil Pengasuh Pondok Cabang, Selasa (19/3) pagi, di Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM).

Dengan pelaksanaan acara peringatan ini, diharapkan para santri dan guru-guru memahami betul akan status, posisi, dan orientasi pondok ini. Agar dalam menjalani kegiatan di pondok ini, mereka tak hanya sekedar ikut-ikutan, namun mengerti betul maksud dan tujuannya. Hal di atas juga merupakan tujuan utama diadakannya Pekan Perkenalan Khutbatu-l-‘Arsy PMDG pada setiap awal Tahun Ajaran baru. binhadjid

Popular Articles