Date:

Share:

Pertemuan Malam Takbiran Sambut Datangnya Hari Raya Qurban

Related Articles

DARUSSALAM-Pada malam menjelang Hari Raya Idul Adha, terdengar suara takbir berkumandang, para santri berbondong-bondong menuju Balai Pertemuan Pondok Modern Darussalam Gontor (BPPM) guna mengikuti acara Malam Takbiran menjelang Hari Raya Idul Adha. Acara ini dihadiri oleh Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG), seluruh santri, dan guru PMDG.

Salah satu acara rutinitas tahunan yaitu Malam Takbiran Idul Adha 1439 H yang bertepatan pada hari Selasa malam, (21/8) atau 10 Dzulhijjah 1439 H . Tepatnya acara ini dimulai pada pukul 20.15 di BPPM. Lantunan takbir oleh anggota Jam’iyyatul Qurra’ (JMQ) bergema menyambut kedatangan para santri dan dewan guru, khususnya Bapak Pimpinan PMDG.

IMG_4006Pada Malam Takbiran kali ini, Bapak Pimpinan PMDG mengutus Al-Ustadz Agus Muliana untuk menyampaikan ceramahnya tentang hari Idul Adha. “Dalam berqurban kita harus ikhlas dan siap mengorbankan sebagian harta kita untuk orang lain, yang pada hakikatnya perlu kita ingat bahwa semuanya adalah milik Allah Swt. Dikarenakan ibadah qurban adalah untuk Allah Swt., maka sudah seharusnya kita memberikan hewan qurban yang terbaik yang kita punya. Prinsip ini akan menjadi bagian dari ketaatan kita kepada Allah Swt.” berikut potongan pidato beliau pada malam takbiran tersebut. Dilanjutkan beliau bercerita tentang kisah Nabi Ibrahim AS yang diperintahkan oleh Allah untuk menyembelih Nabi Ismail AS, dst.

Pada Idul Adha 1438 H tahun ini, data jumlah hewan qurban yang sudah masuk hingga malam itu, Rabu (22/8), di PMDG Kampus Pusat khususnya terdapat 30 ekor sapi, dan 59 ekor kambing yang berjumlah 93 hewan qurban. Sedangkan jumlah keseluruhan hewan qurban di seluruh kampus PMDG adalah 242 ekor sapi, 471 ekor kambing, dan 100 ekor domba, yang secara keseluruhan berjumlah 713 hewan qurban. Muis

Popular Articles