Date:

Share:

Perkajum Gelombang 5 Mengambil Tajuk ‘Kemah Internasional’

Related Articles

Suasana acara Malam Unggun Gembira
Suasana acara Malam Unggun Gembira

MLARAK–Ada sesuatu yang berbeda pada pelaksanaan perkemahan Kamis–Jum’at (Perkajum) pekan kemarin (17–18/4). Adalah peserta perkemahan ini yang menjadi pembeda, karena diikuti oleh santri dari konsulat luar negeri ditambah dengan santri dari konsulat Ponorogo. Selain itu, acara rutinitas kepramukaan ini juga tetap dimeriahkan oleh para peserta dari pasukan khusus tiap-tiap gugus depan serta asisten pengurus Koordinator Gerakan Pramuka (KGP). Selain itu para panitia pelaksananya-pun dipilih dari para santri Kelas 4 dan 3 intensif, yang sebelumnya selalu dipanitiai oleh santri Kelas 5 atau 6.

Upacara pelepasan yang dipimpin oleh Al-Ustadz Mustar, S.Th.I. sebagai pemimpin upacara dimulai pada pukul 14.00 hari Kamis (17/4) siang. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pemberangkatan peserta perkajum ke bumi perkemahan (buper) yang berada di kecamatan Mlarak. Sesampainya di lokasi, mereka mendirikan tenda dan acara dilanjutkan dengan penyelenggaraan Malam Unggun Gembira yang diadakan setelah shalat Isya’. Berbagai acara ditampilkan dalam acara ini, mulai dari seni beladiri, akrobat, hingga penampilan dari beberapa kelas yang memeragakan tari-tarian.

Keesokan harinya, acara dilanjutkan dengan senam bersama dan hiking ke gua Sahal yang mana dahulunya sempat digunakan sebagai tempat persembunyian K.H. Ahmad Sahal ketika melarikan diri dari kejaran PKI. Acara perkajum kali ini-pun terasa lebih berwarna karena diiringi oleh banyak nyanyian dan yel-yel yang dibawakan oleh para santri yang berasal dari luar negeri. Fei

Popular Articles