Date:

Share:

Peringatan 1 Muharram 1434, Memaknai Tahun Baru Hijriah

Related Articles

Malam 1 Muharram 1434

Tahun Baru Hijriah adalah salah satu hari besar bagi umat Islam di seluruh penjuru dunia yang diperingati setiap tahun untuk mengenang peristiwa hijrahnya Rasulullah SAW dan para pengikutnya dari Mekkah ke Madinah. Untuk menggali hikmah yang terkandung pada peristiwa tersebut sekaligus pelajaran bagi seluruh santri, Pondok Modern Darussalam Gontor tidak ketinggalan memperingati Tahun Baru Hijriah 1 Muharam 1434 yang pada tahun ini jatuh pada hari Rabu, 14 November 2012.

Acara yang dilaksanakan pada Rabu (14/11) malam tersebut bertempat di Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM). Dengan didengarkan seluruh santri se-Darussalam, Ustadz Rif’at Husnul Ma’afi menyampaikan pidato Malam Peringatan Tahun Baru Hijriah 1 Muharram 1434 dengan menceritakan begitu hebatnya perjuangan Rasulullah SAW dalam menegakkan agama Allah di muka bumi ini. Hingga tujuan mulia ini mendapatkan perlawanan dan kecaman luar biasa dari kelompok kaum kafir Quraisy yang tidak senang dengan kehadiran Islam sebagai agama baru. Bahkan paman Rasulullah SAW sendiri, yaitu Abu Jahal dan Abu Lahab menabuh genderang perang untuk mengusirnya dari tanah Mekkah.

Dalam kesempatan ini, melengkapi pidato Ustadz Rif‘at, Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor, K.H. Hasan Abdullah Sahal menyampaikan, peristiwa hijrah Nabi yang bersejarah itu adalah  awal mula Tahun Baru Islam yang dikenal dengan Hijriah. Kota Yatsrib kemudian berganti nama menjadi Madinah Al-Munawwarah atau Madinatur Rasul. Dari kota Madinah-lah cahaya kasih sayang dan perdamaian memancar ke seluruh dunia hingga kapanpun, sepanjang umat Islam mampu menjaga risalah Rasulullah SAW. sazza

Popular Articles