Date:

Share:

Dokumentasi Tahunan Pondok Dengan Perfotoan Santri

Related Articles

Dokumentasi Tahunan Pondok Dengan Perfotoan Santri

DARUSSALAM– Sebagai kegiatan tahunan yang bertujuan untuk menjadi dokumentasi pondok, Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) mengadakan perfotoan seluruh santri dari kelas satu sampai dengan kelas enam. Dokumentasi tersebut juga sekaligus menjadi arsip tahunan pondok, baik untuk pendataan bagian Sekretaris Pimpinan (Sekpim) maupun Pusat Data Santri.

Perfotoan tersebut diadakan sesuai dengan lingkaran komunitas yang dimiliki oleh masing-masing santri; mulai dari konsulat, klub, kursus, bahkan hingga kelas dan rayon. Tidak terkecuali bagi santri kelas enam sebagai siswa akhir Kulliyyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyyah (KMI) yang masih menjalani masa ujian.

Rentetan kegiatan pendokumentasian ini dimulai dari perfotoan antar konsulat yang diadakan pada Sabtu (1/2) hingga Senin (3/2). Kemudian dilanjutkan dengan perfotoan antar klub dan kursus yang berlangsung sejak Selasa (4/2) hingga Rabu (5/2), dan perfotoan santri kelas satu hingga kelas empat pada Jumat (7/2).

Perfotoan konsulat, klub dan kursus yang berjalan pada minggu pertama bulan Februari tersebut diadakan pada sore hari setiap setelah shalat Ashar berjama’ah. Bagi setiap konsulat maupun klub dan kursus, masing-masing pembimbing dari para asatidz pun turut hadir bersama para santri untuk mengikuti perfotoan.

Adapun sesi perfotoan yang wajib diikuti masing-masing adalah bertempat di depan Masjid Jami’ PMDG, di depan Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM), dan di depan Kantor Pimpinan PMDG di sebelah timur gedung Aligarh. Selebihnya, sesi perfotoan yang juga disediakan tempat adalah di depan gedung Saudi 6, dan diperbolehkan juga untuk mengambil view di titik-titik lainnya di sekitar lingkungan pondok.

Perfotoan Dari Persatuan Bela Diri Darussalam 2020/1441
Perfotoan Dari Persatuan Bela Diri Darussalam 2020/1441

Perfotoan kelas yang diadakan pada Jumat (7/2) adalah untuk santri kelas 1, 1 intensif, 2, dan kelas 3 pada pagi hari, dilanjutkan untuk santri kelas 3 intensif dan kelas 4 pada siang hari. Perfotoan antar kelas ini pun turut dihadiri oleh wali kelas masing-masing. Lalu pada pekan-pekan berikutnya akan diteruskan dengan perfotoan siswa akhir KMI Prominent Generation pada Jumat (14/2), lalu perfotoan santri kelas 5 di Jumat berikutnya (21/2), dan untuk Jum’t (28/2) terakhir di bulan Februari ini adalah perfotoan rayon.

Selama kegiatan perfotoan ini sudah dimulai dan berjalan, beberapa kendala yang dihadapi dalam pelaksanaannya adalah kondisi cuaca yang tidak menentu, akibatnya ketika turun hujan di sore hari kegiatan perfotoan pada hari tersebut harus ditunda. “Hujan deras  kemarin (Ahad) sempat menjadikan giliran perfotoan yang dijadwalkan pada hari tersebut harus dibatalkan, kemudian dimundurkan menjadi hari Senin (3/2) dan membuat durasi serta suasana perfotoan sedikit padat,” ujar Al-Ustadz Dodik Gilang Islami, selaku salah satu staf Pengasuhan Santri.

Popular Articles