Date:

Share:

Perbaiki Bacaan Qur’an Santri, PM. Gontor Adakan Tahsin Qira’ah

Related Articles

GONTOR–Setelah Ulangan Pertengahan Semester usai, pada Sabtu (16/9) sampai Rabu (20/9), Siswa Akhir KMI 2018 kembali menghadapi berbagai kegiatan yang salah satunya adalah Pelatihan Tahsin Qira’ah. Dibuka di Aula Perkumpulan Rabitah pada Jum’at malam (22/9) oleh Kiai Hasan Abdullah Sahal dan ditutup pada hari Rabu (27/9) oleh Kiai Syamsul Hadi Abdan. Acara berlangsung selama lima hari, bertempat di Gedung Rabitah lantai 1 dan 2. Tujuan dari event ini adalah perbaikan bacaan untuk beberapa orang santri Kelas 6 yang nilai ujian imamahnya masih kurang baik.

Para pembimbing dan anggota Jam’iyyatu al-Quraa (JMQ) bertanggungjawab penuh menangani kegiatan ini. Pelatihan ini, sebelumnya pernah dilaksanakan semasa kelas 6  KMI bermukim di PM. Gontor di bulan Ramadhan. Anggota acara merupakan santri yang diambil dari tiap kelas berjumlah sembilan sampai sepuluh orang tiap kelasnya, dan kemudian dibagi lagi menjadi beberapa kelompok dalam latihan. Tidak hanya kelas enam tapi juga beberapa utusan dari tiap rayon yang nantinya akan mengajarkan ke anggota tentang pelatihan tersebut. Waktu yang digunakan untuk pelatihan, mengambil jam masuk kelas seluruhnya, dan juga waktu belajar malam. Tutor dalam event ini merupakan Asatidz yang diundang oleh panitia untuk membimbing tiap kelompok belajar.

Harapan ke depannya, semoga pelatihan dapat meningkatkan kemampuan santri PM. Gontor dalam bacaan Al-Quran dan juga menambah wawasan mereka tentang Al-Qur’an itu sendiri, yang pastinya akan dituntut untuk mengajarkannya di masyarakat kelak. ikami86

Popular Articles