Date:

Share:

Penutupan Kegiatan Bahasa: Fokuskan Santri Hadapi Ujian

Related Articles

Gontor-“al-lughatu tajul ma’had”, terdengar tidak asing bagi segenap santri Gontor. Semboyan tersebut menjiwai santri untuk selalu berbahasa resmi, yaitu Arab dan Inggris. Kegiatan bahasa di Gontor pada tahun ini berjalan dengan lancar, kelancaran tersebut ditandai dengan adanya berbagai peningkatan: disiplin, metode, maupun sarana.
Menjelang datangnya Ujian Semester Kedua Tahun Ajaran 1438-1439/2017-2018, semua rentetan kegiatan kebahasaan dinonaktifkan untuk sementara waktu, dengan demikian bukan berarti disiplin berbahasa akan dinonaktifkan pula, disiplin berbahasa akan terus dijalankan selamanya.
Kegiatan bahasa pada semester kedua resmi ditutup sementara pada Jum’at pagi (30/3) oleh K.H. Hasan Abdullah Sahal. Penutupan kegiatan bahasa ini dihadiri oleh seluruh santri PMDG dan beberapa guru senior pembimbing bahasa, bertempat di depan BPPM.
Sebelum menutup, Kiai Hasan memberikan kuliah singkat mengenai pentingnya menguasai bahasa Arab dan Inggris. Salah satu poin penting dalam kuliah singkat tersebut beliau mengatakan bahwa tidak bisa seseorang dikatakan ulama apabila belum menguasai bahasa Arab, dan begitu pula sebaliknya. Apabila ada seseorang yang mengaku dirinya sebagai ulama namun ternyata tidak mampu atau menguasai bahasa Arab, maka dia termasuk ulama palsu.
Penutupan kegiatan bahasa bukan berarti memberi kekosongan bagi segenap santri, namun itu merupakan sarana atau strategi pondok untuk memfokuskan para santrinya mempersiapkan diri menghadapi ujian semester kedua. sand88

Popular Articles